Rabu, 05 Oktober 2016

KETIKA BAKTERI MENYERANG KEKEBALAN TUBUHNYA… (Part 1)

Sejauh ini bisa dibilang kalo abang itu termasuk anak yang kondisi tubuhnya sehat bugar, stabil, fit dan kuat yang mana itu ditandai dengan sangat jarang kami mengunjungi RS untuk bawa dia berobat, kalopun pergi palingan bawa di imunisasi sesuai dengan jadwalnya IDAI (Ikatan Dokter Anak Indonesia). Kalo sakitpun masih yang ringan adja macem batuk pilek doank itu cuman diselesaikan dengan cara sederhana saja; jemur pagi hari, kasih makan dan minum air anget yang banyak. Berhubung anaknya doyan makan jadi proses pemulihannya bisa lebih cepat.

Sampai usianya sekarang ini (2thn7bulan) semua urusan makan minum abang masih begitu terjaga dan terkontrol dengan baik sama mama. Paling penting banget masalah ini karna lewat asupan makan minum yang bergizi dalam tubuhnya akan membantu menjaga kondisi kesehatannya. Bahkan kalo ada gangguan kesehatan yang pemicunya dari makanan bisa dengan mudah ditelusur anaknya sebelumnya mengkonsumsi apa. Yah balik lagi ke masing-masing ortu, ini murni pendapat dan pengalaman pribadi kalo diluar sana banyak yang bertentangan tidak sepaham dan sealiran yah ga perlu kita berdebat panjang OKTHXBYE. 

Untuk makanan sayur-mayurnya masih yang free chemical & pesticida a.k.a organic dan home cooked, pake gula atau garam itupun masih dikit seujung sdt, kalo seandainya gula garam butirannya bisa dihitung bela-belain deh dihitung apalagi untuk MSG say no tentunya, pewarna, pengawet, kerupuk, segala cemilan jajanan warung dll sengaja bersikap tegas menolak ketika abang ngeliat dan berusaha meminta. Untuk lauknya juga masih selektif dalam pemilihannya. Bahkan kalo ke swalayan pasti nanya ke petugasnya, ”ikan yang ini datangnya kapan”, selain itu diliat kondisinya yang mana yang masih fresh. Termasuk buah-buahan setiap hari dia harus makan buah bisa sehari 1-2 jenis buah yang berbeda. Kalo masalah snack cemilan abang masih makan biscuit untuk anak bayi 6month+ atau 12month+. Terkadang sesekali kami suka memberi dia cemilan ice cream, cokelat dan kerupuk non MSG...pemberian makanan cemilan seperti ini cuman bersama mama aja supaya terkontrol porsinya.

Dengan setiap hari mengatur pola menu makanannya mama rasanya aman, tenang dan sejahtera ninggalin abang dirumah, karna bisa dipastikan yang masuk di mulut sampai ke tubuhnya adalah yang sehat, aman dan terjamin sesuai penilaiannya mama. Anaknya juga sebenarnya sudah terbiasa dengan makanan made in mama yang rada hambar hi..hi.. klop deh kalo gitu *toss dulu bang*

Sebagai orang tua yang normal naluri untuk selalu menjaga melindungi anaknya pasti ada yah apalagi buat anak seusia balita masih sangat rentan dengan berbagai penyakit. Walopun selama ini kami cukup pede dengan kondisi abang yang sehat dan asupan makannya yang terjaga, teutep adja sedia payung seblom hujan badai perlu juga. Makanya dalam kulkas rumah tersimpan rapi obat sanmol sebagai persediaan apabila suhu tubuhnya meningkat dari batas normal...yah walopun kami sama sekali tidak pernah berharap stocknya bakalan terpakai.

Di hari Kamis (15/9) seperti biasa pagi pukul 6.30 sebelum jalan ke stasiun kereta mama kudu gendong abang buat di titipin di rumah opung. Saat kepala dan badannya nempel  persis ke mama berasa badannya koq rada anget yah...apa mungkin karna faktor udara dalam kamar yang lembab karna AC atau dehidrasi kurang cairan saat tidur semalem. Saat tiba di rumah opung langsung ditidurin anaknya diatas kasurnya sekalian titipin pesen kalo abang bangun dijemur, dikasih minum yang banyak. Yang namanya emak-emak yah, kalo udah kayak gini pasti deh perasaaan campur aduk bin galau ga karuan seharian di kantor. Beberapa menit sekali di kantor mama selalu tanyain kondisi abang via bbm ke bou ndah, dan awalnya boun ndah infoin jika kondisinya normal, ga ada tanda-tanda panas tubuhnya sejak pagi dia datang...syukurlha ternyata hanya sesaat saja, sedikit tenanglah perasaaan mama.

Agak siangan tiba-tiba dapet bbm, bou nda tanyain kalo punya stock obat flu dan sekalian kasih tau kalo badannya rada angat, sesekali batuk bersin, nafsu makannya mendadak turun, yang biasanya habisin piscok buatan mamanya bisa 4-5 pcs tapi pagi tadi hanya 1 pcs aja dan ketika suhunya diukur langsung termometer nunjukin angka 38.5ºC, abang yang biasanya aktif dan lincah jadi kalem tidur-tiduran di kasur...bapak yang dirumah juga langsung ambil obat sanmol yang masih tersimpan rapi dalam kulkas dan dikasih minum...ga berapa lama dapet info lagi dari bapak kalo abang muntah udah beberapa kali dan badannya masih panas juga....walahh kondisi seperti ini sudah pertanda ada gangguan kesehatan lebih serius dalam tubuhnya...langsung bapak berinisiatif untuk bawa abang periksa ke dokter spa. Kebetulan dokternya ada dan praktek jam 5 sore.

Analisa dokter saat itu anaknya terkena radang kemudian diberikan obat radang dan anti virus..untuk sanmolnya pake stock yang ada di rumah. Mama yang diinfoin sakitnya radang malah merasa kurang yakin sama analisa dokter saat itu...kalo radang kenapa sempat muntah beberapa kali, perutnya rada kembung bahkan sempat diare...feeling mama mungkin abang terkena gejala muntaber.

Begitu tiba dirumah opung malemnya langsung ngeliat abang yang cuman tidur-tiduran di kasur dengan badannya yang lemas dan tatapan sendu serta suhu badannya panas...sebelumnya barusan kasur dibersihin karna abis terkena muntah abang...yah ampyun sedih liat sih abang seperti itu, tapi walopun sakit abang itu tipe yang ga rewel nangis gtu lho bawaannya tenang2 adja dan jadi kalem. Saat itu obat radang yang dari dokter sudah diberikan untuk sekali minum.

Saat abang nyampe dirumah langsung ditidurin sembari santai nonton tv. Badannya yang masih panas kembali diolesin minyak telon dicampurin bawang merah yang diris tipis. Sebentar kemudian anaknya sudah tertidur pulas dan langsung dipindahin ke kamar. Ga berapa lama kemudian mama juga ikutan masuk kamar dan tidur sementara bapak masih bertahan di depan tv...nonton sepuasnya mumpung saingannya udah tidur hihihi.  

Abang itu biasanya kalo tidur suka nempel ke mamanya, biar kata area kasur disampingnya masih luas untuk dia guling-guling bebas, tapi teutep aja anaknya selalu nempel ke mama. Dan malam itu sekitar pukul 11.00 mama terbangun, secara refleks pingin ngecek suhunya dan langsung memegang tubuhnya yang mana anaknya masih tertidur nyenyak. Saat dipegang badannya begitu panas dan tanganya menggigil, dengan segera lampu kamar dinyalain sambil manggil bapak yang masih nonton tv di luar. Dan memang anaknya sedang menggigil kedinginan tapi masih pulas, kita yang ngeliat mendadak kaget campur aduk perasaannya teutep berusaha tenang setenang tenangnya biar situasi terkendali...mungkin bagi yang lain kondisi seperti itu biasa saja, tapi untuk kami kondisi begini adalah sesuatu yang sangat mengagetkan. Kami berdua bisa dibilang termasuk orang awam tentang dunia medis dan ini kejadian yang pertama kalinya, makanya ga pake pertimbangan ina ini itu ataupun pilihan lain daripada kenapa-kenapa langsung saat itu diputuskan bawa abang ke RS terdekat. Dengan setengah gedebak gedebuk bapak bergerak keluarin mobil, sementara mama langsung gendong abang dengan diselimutin bedcover. Perlengkapan yang dibawa seadanya saja asal yang melintas dalam pikiran langsung masukin dalam tas. Pokoknya yang ada dalam pikiran saat itu mesti buru-buru nyampe RS. Dalam perjalanan ke RS abang sempat terbangun, masih sempat melambaikan tangan dadain danau tempat mainnya sama bapak sore hari sekalian dadain beberapa bus yang terparkir di pool hi..hi...

Ketika tiba di RS langsung bawa abang ke IGD diukur suhu badan terlebih dahulu sama suster yang mana saat itu suhunya mencapai 39.4. Suster langsung konsul ke dokter jaga dan ga berapa lama kemudian sih suster datang membawa obat panas rectal (via anus). Di RS abang tetap kami kasih minum yang banyak karena sempat muntah. Saat dokter jaga periksa langsung diminta untuk periksa lab dengan pemeriksaan darah rutin (HB,HT,Leukosit,Trombosit,LED,Eritrosit). Selain periksa darah, dokter juga menyarankan abang untuk dipasangin infus supaya mengganti cairan tubuh yang keluar terbuang.

Mendengar abang mau dipasang infus beuhhhh rasanya nyesak banget deh pikiran langsung melayang kemana-mana. Ingat cerita saudara dan teman2 gimana anaknya saat dirawat pada nangis jejeritan sewaktu dipasangin infus ada yang sampai meronta melawan petugasnya, bahkan ada yang sampe trauma kalo ngeliat orang pake baju putih langsung bawaanya nangis ketakutan...sungguh ga terbiasa rasanya apalagi nanti saat dipasang tangannya ga boleh banyak bergerak karena cairan bisa tersumbat.

Ga pernah terbayang dalam benak kami kalo abang bisa secepat ini bersentuhan dengan alat-alat medis serta obat-obatan...karna yah itu sejauh ini kondisinya baik-baik saja jarang banget nih anak sakit...tapi sekalinya sakit langsung denk panjang seperti ini. Tapi mau gimana lagi yah, kami hanya bisa berusaha sebaik mungkin supaya abang cepat sembuh dan kondisinya bisa normal kembali.

Saat petugas mulai bergerak memasang papan pengalas dan mencari pembulu vena di tangan kirinya, sengaja bapak berusaha menenangkan abang sambil diajak ngobrol agar ketika jarum masuk walopun agak sakit abang tidak berusaha berontak...Dan ternyata pemirsa saat jarum menusuk ke pembuluh verna hanya terdengan satu kali teriakan abang setelahnya abang langsung tenang biasa saja walopun sebenarnya itu terasa agak sakit. Petugas dengan cepat langsung memberikan plester serta membalut menutup dengan kasa steril.

Tatapan aneh ngeliat tangannya yang terpasang papan alas infus, yang sabar yah bang !! kita yakin pasti abang bisa ngelewatin semuanya

Setelah sebelumnya sempat muntah, akhirnya abang bisa tertidur pulas di ruang IGD.

Setelah itu petugas memberitahukan kalo hasil lab abang sudah keluar dan bapak langsung mengurus administrasi pembayaran lab serta langsung konsultasi dengan dokter sementara mama nemenin abang diruangan IGD.

Dari hasil lab menunjukan kalo hematokrit sama leukosit diluar batas normal. Hematokrit tinggi karna abang beberapa kali muntah dan diare sehingga cairan dari pembuluh darah banyak yang keluar. Sementara leukositnya tinggi karena ada infeksi dalam tubuhnya, infeksi ini bisa disebabkan oleh bakteri. Dokter sempat tanyain bapak tentang asupan makanannya bagaimana, karena bisa jadi bakteri masuk ke tubuhnya melalui makanan yang dikonsumsi. Kalo dari segi makanan buat abang masih sangat terjaga walopun tetap ada kemungkinannya.

Sedikit Flasback kegiatan abang beberapa hari yang lalu, tiba-tiba langsung ingat saat bermain di PlayParq anaknya begitu kegirangan di pancuran air sambil mulutnya sengaja dibuka biar airnya masuk...ceritanya ada disini. Makin dilarang makin semangat dia ngelakuinnya...itu dia ga mungkin yang lain penyebab leukositnya tinggi.

Ini nih yang bikin bakterinya bersarang dalam tubuhnya abang…mao gimana lagi toh ini sudah kejadian. Ga bakal bawa abang main ke tempat beginian lagi, kecuali abang sudah benar-benar paham dan mengerti.

Akhirnya sih dokter ngasih surat pengantar rawat inap supaya bisa dikontrol keadaannya setiap saat. Langsung mama ke bagian administrasi rawat inap buat daftar kamar sementara abang ditemani sama bapak. Saat di bagian pendaftaran, petugasnya langsung ngecek platform asuransi dan ketersediaan kamar. Dan ternyata kamarnya semua full yang tersisa hanya kamar SVIP, yang mana itu sudah pasti excess claim kakakkk *tarik napas panjang* nengok ke jam dinding udah pukul 3 subuh dengan kondisi abang masih tidur pulas di IGD selang infus terpasang dan bingung mesti gimana...

Petugas IGD sempat membantu menghubungi 2 RS terdekat yang mana untuk RS pertama sudah tidak rekanan lagi dengan asuransi yang kami miliki, sementara RS kedua kamar available tapi ukuran tempat tidur kecil, kasian amat abang di kasur rumah bisa guling sana sini, di situ nanti muter badan sedikit aja udah mentok.

Saat itu suhu badan abang sudah normal dan cairan infusnya sudah hampir habis, akhirnya kami putuskan untuk bawa pulang abang kerumah sambil nunggu siangan baru nyari RS lain. Saat tiba di rumah udah jam 4 subuh, abang terbangun dan masih sempat-sempatnya nih anak main sama kereta thomasnya...bapak berusaha membujuk abang supaya tidur lagi. Mobil sengaja diparkir di jalan jaga-jaga aja bila ada kondisi yang urgent langsung jalan ga repot maju mundur ngeluarin dari garasi. Sempat juga abang saat itu pup kotorannya rada cair dan anaknya keliatan rada lemes.

Lalu...

Bersambung......


 ©06Okt2016

0 komentar:

Posting Komentar