Rabu, 17 Juni 2015

Naik Kereta Api Tut…Tut...Tut... [18Jun2015]

Setelah nunggu waktu serta moment yang cucok buat mewujudkan salah satu hasrat aka keinginan dari bapak buat si abang, akhirnya hari Minggu kemaren keinginan itu ga hanya sukses dalam angan-angan saja tapi benar-benar terlaksana. Wow...selamat yah bapak jangan lupa keinginan mama dikabulin juga hihihihi.

Bapak itu niatnya  pingin ngajak abang jalan-jalan naik kereta...mama awalnya sempat keberatan takutnya abang ga betah berlama-lama dalam kereta apalagi kalo sampe dalam perjalanan ketemu sama yang namanya gangguan signal, ada kereta depan mogok, rel patah, listrik padam dll tertahannya bisa berjam-jam ditambah lagi AC kereta yang dinginnya ga optimal. Apa ga riuh tuh dalam kereta terutama sih abang... yang dewasa aja kadang ga nahan apalagi anak kecil. Kalo masalah tempat duduk dijamin pasti duduk karena sudah ada fasilitas kursi prioritas untuk : ibu hamil, wanita yang membawa anak kecil, lansia dan penyandang cacat disetiap gerbong kereta  *Pengalaman mama 5thn PP rumah kantor naek kereta*

Nah hari Minggu kemaren adalah jadwal arisan punguan Siagian yang akan dilaksanain di rumah opung Andre....(sekilas tentang opung andre pernah sedikit disinggung di January 2014, Flashback). Rumah mereka  dekat dengan stasiun kereta Kramat jadi tinggal jalan kaki  sekitar 200 mtr dari stasiun  ke rumahnya. Sejak terima boa-boa dari pengurus arisan, bapak langsung ngerencanain kita perginya naek kereta aja ke arisan skalian jadi pengalaman pertama buat abang naik kereta dan kalo hitung-hitungan biayanya naik kereta jauh lebih murah dibandingin bawa mobil.. Yah..yah...akhirnya dengan agak berat hati mama iyain aja  rencana bapak tuh sambil harap-harap cemas perjalanan kereta moga2 kaga  ktemu sama gangguan ini itu.

Start dari rumah sekitar stenga 1an lewat pake mobil, yang mana mobil ini hanya mengantar kami ke stasiun kereta dan langsung di parkir disitu.

Dalem mobil otw ke stasiun kereta, abang ngantuk pake banget ampe ketiduran sendiri
“Like a boss”

Tiba di stasiun, kereta yang ke jakarta blom tersedia jadinya kami masih nunggu  dalam mobil dulu, biar si abang tidurannya bisa lamaan abisnya kalo mau langsung turun anaknya bisa terbangun kasian aja soalnya tidurnya pules dan blom lama juga. Sangking pulesnya gaya tidurnya juga sudah suka-suka dia lha nangadong persoalan bah !!

Ga berapa lama kemudian kereta ke Jakarta sudah masuk di jalurnya dan kami pun turun dari mobil. Saat turun abang masih tidur pules di pundak mama, bapak kebagian job nentengin barang bawaan yang lumayan banyak. Karena lokasi stasiun Kramat hanya dilewati oleh kereta tujuan Bogor/Depok, maka di stasiun Jatinegara Kami harus berpindah kereta aka transit menunggu kereta Bogor/Depok. Bapak ngarahin untuk naik di gerbong tengah yang cukup strategis untuk berpindah kereta di stasiun Jatinegara. Begitu naik langsung menuju ke kursi prioritas yang tersedia di  gerbong itu...kebetulan kursi tersebut sudah ditempati oleh seorang laki-laki muda yang tentunya belum memenuhi kriteria duduk di kursi prioritas wong dianya masih sehat, kuat, dan tegap gtu. Bapak Beben langsung meminta permisi sama laki-laki tersebut sambil ingatin ini kursi prioritas untuk kriteria ini dan itu. Laki-laki muda tsb keliatan agak ga rela buat berdiri, tapi tetap berdiri juga sambil rada ngedumal dikit.  Mas... mas... sejuta umat yang biasa naik kereta tiap hari tau koq kalo kursi prioritas buat siapa aja,  emang si masih ada aja penumpang yang ngeyel ditambah tingkat kesadaran dan kepeduliannya rendah, duduk disitu ga mao berdiri padahal ada orang lain ada yang lebih membutuhkan .

Begitu mama duduk plek... abang langsung terbangung dari tampangnya rada-rada  males macih ngantuk ma...ditambah bingung juga lagi dimana nih? Koq suasananya beda yah? Perasaan tadi dalam mobil koq udah ditempat ini? Kira-kira begitu yang ada di pikiran dan batinnya sih abang wkwkwk. Sebentar kemudian terdengar pemberitahuan melalui pengeras suara yang terpasang dalam kereta dimana sebentar lagi kereta ini akan jalan dan mereminder lagi masalah kursi prioritas. Si abang langsung sibuk mencari-cari sumber suara itu dimana, tengok sana sini semuanya terasa asing buat dia. Begitu keretanya jalan abang bengang bengong planga plongo liatin jendela hi..hi...hi...lucu kalo diliatnya.

Ngeliatin bapaknya berdiri langsung abang minta gendong ke bapak. Begitu digendong anaknya langsung penasaran dengan pegangan tangan yang bergantungan diatas. Semua pegangan yang terpasang di jejerannya mau dijajal...untung aja penumpang kereta ga terlalu rame.

Maenan baru nih...lumayan bisa bergantungan kayak tarzan  aua…aua…

Tiba di stasiun Jatinegara kami langsung turun untuk berganti kereta. Saat itu kereta ke Bogor/Depok belum tersedia jadinya kami mesti menunggu di peron. Sambil si abang nikmati pemandangan kereta - kereta yang bersewiran di setiap jalur...kadang anaknya terkaget-kaget kalo dengar suara klakson kereta yang begitu cetar membahana badai halilintar wkwkwkwk.

Begitu kereta Bogor/Depok tiba kami langsung naik dan ga berapa lama kemudian keretanya jalan. Jarak tempuh stasiun Jatinegara ke Stasiun Kramat terbilang pendek hanya ngelewatin satu stasiun doank.  Kami tiba di rumah opung Andre hampir stenga 3an dan ternyata arisan blom dimulai baru beberapa beberapa anggota yang hadir.

Di tempat arisan ini si abang bermaen sepuas-puasnya mulai dengan naik ke mobil lossbag bolak balik di mobil ini,  maenin anjing piaraan opung narik-nari bulunya,  naikin motor balap, maenin organ walopun bentaran doank abisnya abang maeninnya pake kaki... bisa dipetung sama opung kalo keliatan hihihihi

Walopun arisanya blom bubar, kami pamitan untuk pulang duluan...nyampe distasiun kramat kereta ke jatinegara belum tersedia...walhasil nunggu kereta sembari ngasih makan buah ke abang. Selesai makan buah beberapa lama kemudian terdengar pemberitahuan dari petugas stasiun kalo kereta ke Jatinegara sudah mau masuk, langsung dhe kami beranjak nunggu di peron jalur yang ke Jatinegara.

Tiba di stasiun Jatinegara tidak perlu nunggu lagi karena kereta yang ke Bekasi sudah tersedia begitu pintu terbuka langsung penumpang berhamburan keluar. Mama yang  sambil gendong abang jalannya dipercepat biar nanti ga ketinggalan kereta. Begitu naik langsung ngarahin ke kursi prioritas biar bisa duduk ada laki-laki yang dudukin tapi langsung berdiri begitu diminta.

Blom begitu lama duduk si abang langsung minta gendong bapak, masih penasaran dengan maenan baru yang bisa buat dia bergantungan di kereta.

 Bapak, pasangin yang kayak gini donk di rumah biar abang bisa  bergantungan

Dari tampang dan gerak geriknya  keliatan kalo abang mulai ngantuk, langsung bapak yang gantian duduk dan mama yang berdiri. Bukan Cuma abang yang ngantuk si bapak juga langsung ikutan pules tuh.

 Like Father Like Son…

Nyampe di stasiun Bekasi dan naik di mobil sih abang masih tertidur pules sangking cuapenya yah bang...

Perjalanan kami dengan kereta hari itu bisa dibilang lancar tanpa gangguan dan kalo dipikir-pikir memang jauh lebih hemat  dan efisien kalo naik kereta dibandingkan bawa mobil. Bukan hanya hemat duitnya aja yah tapi hemat waktu, hemat tenaga cuma naik dan langsung duduk  hemat pikiran dalam artian ga bikin stress kejebak macet secara hari itu hari terakhir ziarah sebelum umat muslim ngejalanin puasa. Dan terpenting jadi pengalaman pertama tentunya buat jagoan kecil kami.

0 komentar:

Posting Komentar