Kamis, 02 Juni 2016

PENCARIAN SEKOLAH DAN TRIAL CLASS UNTUK ABANG

Sabtu kemaren (28 Mei 2016) merupakan jadwal abang ikutan trial class untuk sekolahnya di bulan Juli nanti, du ileh senengnya hati ini ngeliat jagoan kecil ntar lagi sekolah, penasaran pingin liat dan denger cerita-cerita serunya...Yang paling semangat dan sibuk sedari awal tentu mamanya, sibuk yang bikin hati seneng sih sebenarnya, kalo bapak sibuknya belakangan begitu abang mulai sekolah he..he..*toss sama bapak* 

Ada sekolah yang sempat dihubungi ternyata tidak menerima anak dengan usia tanggung kayak abang karna di bulan Juli anaknya baru berusia 2.6 tahun. Rata-rata penerimaan anak PG/KB syarat usia anak adalah 3 tahun atau paling minimal genap 2.8 bulan di Juli, dah ga bisa di ganggu gugat dan tawar-menawar lagee. Yah udah denk, kata orang batak the show must go on masih banyak toh diluar sana sekolah yang bakal nerima abang. Selain itu kita ga ada pasang target yang muluk2, kalo pun nantinya dia bisa lebih cepat calistung yah kita seneng2 adja tapi kalo pun belum bisa gpp juga toh proses belajar kan masih panjang. Lagian kalo udah bisa calistung emang mao ngapain juga anaknya? Mao langsung melamar kerja? Ga juga kan. Jadi yah sudah berproses saja secara alami. Yang kami harapkan dengan ada aktivitas diluar rumah seperti bersekolah adalah anaknya bisa bermain sepuasnya di luar rumah sambil belajar, ada yang ngarahin, ada yang ngasih stimulus dan energinya tersalurkan dengan tepat…maonya nyari sekolah alam tapi sekitaran rumah ga ada yang cocok..yah sudahlha kalo begitu mungkin alam belum jodohnya kale.

Singkat cerita setelah dipikir-pikir ini itu sambil ngeliat bandingin plus minusnya, dari beberapa sekolah yang sempat masuk dalam list referensi bahkan ada yang bela-belain dikunjungi, akhirnya pilihan dikerucutkan pada 2 sekolahan yakni di BIMBA dan Eye Level. Dipikir-pikir kedua sekolah cukup memenuhi harapan kami orang tua, Kalo dipikir-pikir juga *kebanyakan mikirnya nih bapak mama* kedua sekolah inilha yang paling cucok dengan abang. Keliatan ketika ikut trial class, abang keliatan senang ekspresinya lepas walopun memang dia belum sepenuhnya ngerti dan mau ngikutin instruksi gurunya, mama juga rasanya langsung “klik” begitu masuk di kedua tempat ini.

Beberapa yang menjadi pertimbangan sehingga cendrung memilih 2 sekolah ini adalah :

•    Jarak tempuh dan waktu perjalanan
Mengingat usia abang ketika mulai sekolah masih sekitaran 2.6 tahun, yang mana di usia yang segini umumnya anak-anak cepat merasa bosan tidak betah duduk tenang berlama-lama dalam kendaraan. Dirumah saja pergerakan abang begitu aktif dan bebas kesana kemari bandingkan dengan space mobil yang kecil segitu…mana bisa ruang geraknya bebas kayak dirumah. Dan kasihan juga kalo kejauhan fisik tubuhnya bisa kecapean dijalan padahal blom nyampe sekolah udah cape bagaimana bisa fokus dengan aktivitas belajar di kelasnya yang ada anaknya bisa numpang tidur doank di kelas hi..hi..lokasi ke 2 sekolah ini memang tidak dalam kompleks perumahan tapi untuk aksesnya tidak begitu macet sekitar 15 - 20 menitan lha dari rumah. 

•    Pilihan jadwal belajar
Di jam sibuk pagi hari akses ke tempat ini lumayan padat karna ngelewatin beberapa pertigaan dan lampu merah. Ditambah lagi abang yang bangun paginya aja bisa jam 8, belum lagi anaknya mesti mandi, sarapan beberes ini itu dll, bisa-bisa keluar dari rumah jam 9 denk. Untungnya ke dua sekolah ini memberikan kebebasan fleksibel untuk memilih waktu belajar sesuai dengan beberapa pilihan jam yang ditawarkan. Dan kalo berhalangan hadir bisa ganti kelas asalkan diinfokan supaya guru pendampingnya bisa prepare waktunya.

•    Lama belajar
Baik di BIMBA dan Eye Level waktu belajar adalam 1 jam/pertemuan…rasanya sudah ideal, kalo diliat anak seusia abang itu masih agak sulit dalam memberi perhatian terhadap sesuatu untuk waktu yang lama dan begitu mudahnya perhatiaannya teralihkan ke yang lain. Kalo kata gurunya anak sepantaran abang paling lama fokus konsentrasi itu 10-15 menit sisanya mulai deh sibuk dengan kegiatan lain yang mengundang rasa penasaran dan keingintahuannya. Untuk kelas masuk di BIMBA seminggu 2x pertemuan dan Eye Level 1x pertemuan.

•    Tenaga Pengajar
Melihat anaknya yang energik kebutuhan gurunya mesti yang rada rame, bersemangat dan bisa masuk dalam dunianya, kalo gurunya agak kemayu, pendiam yah lama-lama anaknya bakalan jenuh juga dan jadi males ke sekolah. Waktu di kelas trial kemaren guru-gurunya pada bersemangat, mau juga anaknya sekali-sekali berinteraksi dan mengikuti arahan mereka. Salah satu plusnya juga untuk konsultasi tentang kebutuhan dan perkembangan selama sekolah bisa langsung dengan psikolog tinggal menyesuaikan dengan jam kehadirannya di sekolah.

•    Layanan Informasi dan proses administrasi
Berbicara tentang administrasi sekolah, paling ribet deh kalo terlalu banyak persyaratan yang berujung bikin bolak balik ke sekolah, apalagi kita yang kantoran pergi gelap pulang gelap bisanya cuman di hari Sabtu doank. Enaknya juga kedua sekolah ini proses administrasi pendaftarannya serba praktis ga ngejelimat…semua informasinya bisa diperoleh by phone, semua yang ditanyakan dijawab dari awal ampe mentok. Sewaktu awal nyari informasi di Eye Level sempat ditelpon beberapa kali ga diangkat sama staffnya, eh..ga taunya beberapa menit kemudian staffnya telpon balik tanyain ada kebutuhan apa. Yang kayak gini kan agak jarang ditemui yah…padahal cara yang simple gini membangun image awal untuk customer/klien  terkesan dan menjatuhkan pilihan sekolah disitu.

•    Budget
Ini nih yang super duper penting yang lainnya masih bisa dikesampingkan dikit.. tapi kalo udah urusan budget hitung-hitungannya kalo perlu pake kalkulator 16 digit *lebay”he..he... untungnya lagi kedua sekolah ini uang pangkal/pendaftaran dan SPP bulanannya masih sesuai denk dengan isi kantong kita…

Pertanyaan sekitar yang muncul ketika mulai nyari2 sekolahan kayak tiket terusan adja he..he.. Jadi, dia udah mau sekolah yah? Masuk kelas apa nanti? Ga kasian emang kan usianya masih segitu, sekolahnya dimana? jauh juga yah, ntar bisa bosen sekolah anaknya, begitu SD udah ga mao ke sekolahan…
Jadi begini yah, pertimbangan utama buru-buru sekolahin abang itu adalah supaya energinya yang banyak bisa tersalurkan sambil dia bisa belajar sosialisas dan ngomongnya lebih jelas…secara sampe sekarang ngomongnya rada males dan irit. Daripada dirumah anaknya lari-larian lompat sana lompat sini naik turun meja kursi panjat memanjat lemari yang ngejagain juga energi kesedot semua sepanjang hari *lap keringat kewalahan* he…he…

Koq bisa sekolah di 2 tempat gtu? Yah bisa-bisa aja, metode belajarnya di BIMBA dan Eye Level agak berbeda dan punya nilai plusnya masing-masing. Sistem belajar di BIMBA itu sebenarnya lebih kepada proses belajar secara bertahap yang mana disesuaikan dengan perkembangan anak. Bisa saja dalam sekelas itu anak-anak belajar bersama, tapi materi yang diberikan berbeda tergantung kemampuan anaknya…jadi di BIMBA itu anak-anak ga bakalan ketinggalan pelajaran, bisa berlanjut ke materi berikut kalo materi sebelumnya sudah dipahami betul. Di BIMBA ini lebih menitikberatkan atau menumbuhkan minat anak untuk belajar membaca dan menulis. Informasi lainnya dapat dilihat di http://www.bimba-aiueo.com. Kalo di Eye Level lebih menekankan pada kemampuan matematika dasar dan bahasa inggris…konsep belajarnya dikemas sedemikian menarik dengan permainan puzzle, warna warni,  perbandingan ukuran gambar, menggunting, menempel dll. Dari hasil trial di BIMBA kemaren abang akan masuk ke kelas kecil (1 guru megang 2 murid), sementara di Eye Level masuk kelas “play match” (1 guru megang 4 murid). Oh iya..di Eye Level ini disiapkan psikolog, dimana hasil progress anak selama belajar di kelas akan disampaikan guru ke psikolog, dan dari psikolog ini yang akan menyampaikanya kepada setiap orang tua.

Trial class dilaksanakan di hari Sabtu dengan jadwal trial BIMBA jam 8 pagi sementara di Eye Level jam 4 sore. Kalo sore hari sih ga masalah belum ada jadwal yang saling bentrok, tapi kalo di pagi hari rada padat juga nih karna jam 9 bapak ada jadwal kursus. Tapi teutepp donk ikutan trial pagi hari dibela-belain juga..abisnya mao kapan lagi. Untungnya nih anaknya bisa bekerjasama dengan baik, jam stenga 8 dia sudah terbangun dengan sendirinya dan langsung dimandiin, berganti pakaian dan minum susu..sarapannya ntar adja pulang nanti.

Ketika sampai di BIMBA saat itu lagi ada kegiatan pentas baca, terlihat anak-anak secara bergiliran satu persatu naik ke atas panggung sambil membawa selembar kertas yang akan dibacakan di depan guru, teman-teman dan beberapa orang tua yang hadir saat itu. Ada anak yang bisa sendirian di atas panggung menyelesaikan bacaannya ada juga anak yang masih didampingi gurunya dan dengan terbata-bata membaca. Dalam hati mama bergumam “satu hari nanti mama pasti liat abang tampil di atas panggung seperti anak-anak itu”.

Begitu tiba abang langsung bersemangat ke taman bermain ditemani bapak, mulai deh kesenangannya manjat-manjat lingkaran tangga, naik perosotan dan mencoba beberapa permainan yang tersedia disitu. Kalo mama langsung masuk ke bagian tata usaha untuk daftarain kelas trial. Ga berapa lama kemudian guru trial datang dan menyapa kami langsung abang diajak ke dalam kelas untuk mulai trialnya. Saat dalam kelas bapak mama juga ikutan, ibu gurunya keliatan rame dan bersemangat menyambut abang, mengulurkan tangan untuk minta kenalan tapi yah itu anaknya masih menghindar hi..hi..gurunya mencoba memancing abang dengan membuat puzzle senjata, begitu jadi puzzle senjatanya langsung diambil abang ditembakin ke bapak abis itu dilempar deh senjatanya ke lantai ancur denk puzzlenya he..he.. stock sabarnya dibanyakin yah bu !! berlanjut lagi dengan meliat-liat poster dunia hewan, kali ini gurunya menggendong abang sambil nanya-nanya hewan yang ada disitu.

Ibu guru    :  Ini gambar apa? (nunjuk ke gambar sapi)
Abang       :  Mooooo (menirukan suara sapi) wkwkwk
Ibu guru     :  Sa…
Abang       :  pi
Ibu guru     :  Ini apa (nunjuk ke gambar monyet)
Abang       :  Josss (maksudnya George film kartun monyet favorit)
Bapak       :  Iya bu…semua monyet termasuk tompeng monyet pun dibilangnya joss
Ibu guru     :  terus yang ini apa (nunjuk ke kelinci)
Abang       :  nci..
Ibu guru    :  abang..abang kuda yang mana coba?
Abang      :  Sambil liat..liat ditunjuk lha gambar kuda….
Abang      :  pi..pi balik lagi nunjuk gambar sapi
Ibu guru    :  Senang sama sapi yah…(lanjut lagi tebak-tebakan hewan) ini apa abang?
Abang       :  Diam…
Ibu guru    :  Si…
Abang      :  nga…(abis itu balik lagi anaknya nunjuk ke gambar sapi) pi..pi


Dari trial singkat selama 30 menitan itu hasilnya abang masuk ke kelas kecil, nanti sekelas hanya berdua dengan 1 guru pendamping. Mengingat anaknya masih kecil dan energik memang dibutuhkan perhatian ekstra dari gurunya ketika belajar. Di BIMBA itu ternyata trial class bisa dilakukan beberapa kali sampai anak dan orang tuanya sudah benar-benar merasa cocok dan yakin untuk mendaftar kesitu.
Sore hari masih berlanjut trial class di Eye Level, minggu sebelumnya sudah daftarin untuk hari Sabtu trial buat abang sekalian bisa konsultasi sama psikolognya. Begitu nyampe di tempat ini, mama langsung ketemu sama staffnya, sementara abang dan bapak mulai pemanasan lari-larian kejar kejaran dalam ruangan he..he..Ga berapa lama kemudian abang di arahin untuk masuk ke ruangan.  Hari itu selain abang ada juga anak perempuan usianya kisaran 4 tahunan yang ikutan diagnostic test, jadi mereka berdua dikumpulkan dalam ruangan yang sama. Bapak mama juga ikutan dampingi abang, sama halnya dengan anak perempuan itu dia di dampingi mamanya.

Saat itu kedua anak langsung diarahkan untuk duduk di kursi dan sama miss dibagikan kertas test dan pencil. Yakin seyakinnya kalo abang belum bisa mengerjakan apa yang diinstruksikan dalam kertas tsb, boro-boro ngerjain ngerti adja blom…ga berapa lama datang mr izra dan dia keliatan lebih mengerti dengan dunia anak, mulai dia yang mengarahkan abang ngerjain soal yang ada di kertas. Kalo diliat isi soalnya berupa perbandingan ukuran gambar (mana yang ukurannya lebih besar) dan memilih pasangan gambar yang cocok…awalnya komunikasi mr irza pake bahasa inggris tapi pelan-pelan dicampur dengan bahasa indonesia sampai akhirnya full pake bahasa indonesia he..he...

Dari 4 pertanyaan dalam kertas soal yang diarahin Mr Izra untuk dikerjain ternyata ada 2 gambar yang benar, diminta untuk lingkarin gambar yang benar itu yang ada justru dicoret-coret sama abang he..he...anaknya beberapa kali sempat mengalihkan perhatian pada yang lainnya tapi langsung dibujuk, dirayu dialihin lagi ke kegiatan mewarnai mobil-mobilan sambil di sela dengan ngerjain kertas test.

Setelah sekitar 20 menitan Mr Izra berinteraksi dengan abang sambil ngeliat gerak geriknya saat ngerjain kertas soal, langsung dia mengajak bapak mama berdiskusi membahas hasil observasinya itu. Intinya sih kalo dia liat abang itu aktif dan serba pingin tau, punya bakat pintar dan keliatan senang enjoy dengan kegiatan belajar..yah walopun masih belum bisa duduk tenang tapi sebenarnya bisa diarahkan ke aktivitas yang dia senangi sambil disela dengan ngerjain task yang ada. Mr Izra juga melihat dari cara dia memegang pensil untuk menulis sudah benar dengan usianya yang masih 2thn 4 bulan, tinggal dilatih ditingkatkan saja supaya bisa membentuk pola yang diinginkan.

Beberapa gambar saat trial clas @ Eye level 

Abang yang sadar kamera…photo dulu deh seblom ngerjain soal

Mulai ngerjain soal...fokus ya bang...

Menyimak instruksi sederhana yang diberikan Mr Izra

Selesai trial clas…gantian sama penjaga palang pintu parkir wkwkwk

Semoga kedepannya abang tetap bersemangat untuk bersekolah, menjalani proses belajar dengan senang dan bersukacita, semua persiapan lancar dan segala yang dibutuhkan juga bisa terpenuhi…bapak mama akan tetap berusaha memberikan pendidikan baik yang sesuai dengan kemampuan dan minatnya abang.

©2Juni2016

0 komentar:

Posting Komentar