Rabu, 18 Mei 2016

SERBA SERBI BENAYA 26 – 27 MONTHS

Seiring dengan pertambahan bulan abang yang mana sampai dengan tanggal  29 April kemaren anaknya genap berusia 2 tahun 3 bulan. Ada aja tingkahnya, ulahnya, gerak geriknya, akal-akalannya yang bikin orang sekitar bisa tarik napas panjang sambil tangan usepin ke dada termasuk bapak sama mamanya, kalo bahasanya bapak “amangoi amang”. Prince George of Cambridge kayak gtu juga ga yah?? Wkwkwk.

Anyway, pokoe dibalik itu semua patut diakui juga kalo abang itu termasuk anak yang sehat, kuat, lincah, tangkas, berani, ga rewel, dan selalu bersemangat apalagi kalo makan ga ada duanya denk..kalo ada yang ngeliatin abang begitu lahapnya makan bikin orang juga ikutan laper he..he…

Beberapa tingkah lainnya yang terlihat ketika ulang bulan yang ke 26 dan 27 kemaren yaitu :

• Mulai mencoba permainan arena mandi bola walopun kelihatan banget anaknya kurang tertarik dengan permainan ini. Terbukti anaknya cuman duduk tenang di pinggiran sambil kedua kakinya  yang digerak-gerakin dalam sekumpulan bola warna warni… cucok dhe setidaknya kalo lagi jalan2 di mall anaknya ga  bakal ngerengek minta ke tempat ginian.


 

• Suasana tempat permainan yang cukup ramai membuat abang kurang sreg untuk ikutan bergabung disitu...ga bakalan puas untuk nikmati permainannya mungkin. Pernah abang dibawah di tempat bermain TK sore hari, otomatis suasananya sepi dan langsung keliatan anaknya maen sepuasnya…ada kale sejam non stop bergerak lari – larian di lapangan, turun naik perosotan, panjat lingkaran tangga, main njot – njotan..

 


• Senang banget berlari – larian kesana kemari, apalagi  kalo tempat yang dikunjungi itu sebangsa mall atau tempat yang baru dikunjungi. Rasa penasarannya untuk mengelilingi setiap sudut ruang sangat besar, tak heran kitapun jadi berkeringat dalam mall karna ikutan lari-larian sama abang.

• Sambil lari-larian kadang abang suka acting dengan berpura-pura jatuh ke lantai, namanya acting yah tentu adza sewaktu jatuh ga pake nangis…sayangn sampe sekarang belum ada production house yang nawarin kontrak he..he..

• Makin senang dengan aktitas panjat memanjat, untuk tempat yang sudah terbiasa dia panjat gerak gerik manjatnya makin cepat dan gesit…mao buru-buru di samperin sama bapak untuk dijagain takutnya jatuh malahan anaknya makin cepat naiknya sambil senyum2 ngeledek hihi…aktivitas ini terbawa juga di tempat sekolah minggu..seblom sekolah minggu di mulai nih anak udah mulai pemanasan dengan naik-naik meja kursi di ruangan…

• Suka melompat dari kursi ke lantai, senang sekali kalo saat dia lompat ditangkap sama orang. Aksi kayak gini bisa dilakukan kalo ada bapak sama mamanya adja.

• Sudah punya akal untuk ngambil benda yang berada dibawah kursi. Ketika tangan atau kakinya tidak mampu meraih benda tsb, langsung deh abang bergerak ke dapur ngambil sapu untuk diarahin ke kolong supaya benda yang diinginkan bisa diambil.

• Kalo diilihat dari cara berdiri dan berpijak di kaki orang yang sedang duduk nyantai selonjoran, posisi berdirinya dan badannya abang sudah cukup seimbang…makanya ga heran kalo galon aqua yang kosong bolak balik dinaikin sendiri tanpa ada yang pegangin.

• Senang main umpet umpetan apalagi kalo udah denger motor bapaknya pulang langsung berlari nyari tempat persembunyian. Biasanya abang ngumpetnya di belakang pintu atau disamping lemari atau juga di balik bantal..ngumpetnya juga ga mao sendirian selalu minta gendong mama.

• Lebih senang bermain sendirian dan belum keliatan keinginannya bermain atau bergabung dengan sekelompok anak lain yang lagi bermain…niat mao disekolahin tahun ini deh biar abang bisa belajar membaur dengan teman2 lainnya.

• Punya jurus ciat-ciat yang dikeluarkan kalo lagi iseng di rumah..yang jadi sasarannya masih seputaran orang-orang rumah..jadi masih cukup aman lha yah karna ga mungkin donk yang terkena jurusnya membalasnya dengan serius. Tapi pernah juga di sekolah minggu ada anak yang mao lewat di depan abang, karna jalurnya agak sempit sih anak ini sedikit menggeser pundaknya abang..sadar ada yang menyetuh pundaknya langsung denk keluar jurus ciattt…untungnya anak ini langsung cepat-cepat berlalu jadi tidak terkena ciat-ciatnya abang hi..hi..

• Suka heboh kalo menyambut bapaknya pulang kerja…kehebohannya adalah kalo denger bunyi motor bapak yang sudah tiba di rumah opung, langsung abang berlari menarik-narik gorden opung..ga tau maksudnya opo? Alhasil gantungan gordennya sudah sempat patah berkali-kali…sabar yah pung!

• Setiap sore sering minta maen ke luar rumah..bosen juga anaknya seharian dikurung dalam rumah he..he..biasanya sih dibawa maen ke lapangan dekat rumah. Kalo weekend sering dibawa jalan-jalan keliling kompleks sama bapaknya.

• Penguasa televisi di rumah, kalo sudah diputerin film kartunya tidak ada seorangpun yang berani mengganti dengan chanel yang lain, bisa langsung terdengar kata “ndah” atau langsung kena jurus ciat-ciat abang. Dia sudah tau juga jam-jam nonton film kartunnya di stasiun tv, kalo udah magrib langsung abang minta film Jarwo.

• Sudah banyak gayanya kalo lagi menonton film kartun kesukaanya…lazimnya duduk di pangkuan bapak atau mama..tapi sekarang makin enjoy dengan gayanya yang nonton sambil tiduran sementara salah satu kakinya dipangku sambil di gerak-gerakin.

• Mulai ikutan bapak nyuci mobil mimi, kalo dulu abang cuman siram- air doank.. sekarang selain disiram dilap pake kanebo sih timinya…mobil-mobilannya juga ikut dicuciin biar bersih.

• Terkadang semakin dilarang justru anaknya semakin semangat ngelakuin sesuatu yang kita larang itu…kalo kayak gini mending coba dialihin ke yang laen atau kalo teutep ga mao yah langsung digendong adja palingan ngamuk2 plus keluar satu jurus ciat..

• Relatif lebih anteng, tenang dan gampang dikendalikan jika ada bapak sama mamanya…kalo cuman opung, opa, oma atau nenek waduh..bisa dikerjain abess sama abang…

Melihat setiap pertumbuhan, pergerakan dan kemampuan abang sampai saat ini kami bersyukur banget.. yah walopun memang dari omongannya dia, masih belum cukup banyak kosakata yang terucap dengan sempurna dan kalo ngomongpun  biasanya milih  orang..kalo orangnya dikenal mau diajak ngobrol, tapi kalo ga dikenal dan jarang terlihat  bakal dicuekin deh..  lebih dari itu kami yakin bahwa setiap anak  punya kelebihan kekuranganya masing-masing tapi selama diberikan stimulus yang tepat pasti perlahan-lahan akan dia respon dengan baik.

Rencana tahun ajaran 2016/2017 abang akan mulai sekolah di kelas toddler yang seminggu ada 2x pertemuan…bukan sekedar ikut-ikutan trend dan model sih, tapi sebenarnya lebih kepada mengatasi kejenuhan seharian dalam rumah dan menyalurkan energinya abang saja, dan siapa tau adja bisa menstimulasi dia untuk senang bermain, bersosialisasi  dengan anak-anak yang lain.

©18Mei2016

0 komentar:

Posting Komentar