Senin, 13 Juni 2016

RANDOM STORY DI SUNDAY SCHOOL

Seperti yang sudah pernah di ceritain atau disinggung dalam beberapa tulisan disini, jadi sejak 3 bulanan lebih abang sudah mulai ikut serta dalam kelas batita sekolah minggu GKI Agus Salim yang jamnya mulai pukul 09.00 – 10.00. Kalo dihitung-hitung sampe sekarang ini sudah kurang lebih 2 tahunan atau 96 minggu lebih dia tergabung dalam kelas ini. Walopun pertemuannya yang hanya seminggu sekali, tapi cukup banyak cerita, perkembangan, keheboan anaknya yang terlihat selama sekolah minggu. Mulai dari anaknya masih duduk manis tenang di pangkuan kami, belajar masukin tangan ke mulut, ngejeans dengan kemeja untuk pertama kalinya, mulai ngerangkak, tepuk tangan, berjalan, kenal-kenalan sama beberapa anak, ngasih salam/toss, berani nyanyi kedepan, corat coret mewarnai, lari-larian sampai panjat memanjat meja kursi di ruangan hi..hi.. itu semuanya terlihat disini. Bisa dibilang selain rumah, tempat ini bisa menjadi saksi akan setiap progress tumbuh kembangnya.

Formasi yang ikutan nemenin abang juga ikutan berubah yang awal mulanya kita perginya berempat (abang, bapak, mama dan pengasuh) menjadi bertiga (abang, bapak, mama) sampai akhirnya sekarang sisa berdua saja (abang sama bapak/mama)...kakak2 pengajar kelas batita sudah berganti 2x dan semuanya cukup mengenal abang walau sudah beda kelas tapi kalo ketemu suka bertegur sapa, walopun respon abang yang masih cuek-cuekan gtu. Ruang kelas sekolah minggu pun sudah berganti 3x dari yang pertama di lantai 2 sampai pindah ke lantai 1 dengan 2 ruangan. Sudah 2x abang bagi2 bingkisan di ultah pertama dan keduanya disini. Untuk ke 2x-nya juga abang mengikuti acara natalan dan paskah anak sekolah minggu yang digabung kebaktiannya dengan kelas balita, 1x ikutan perayaan 17an anak bertemakan ”Aku Pahlawan Kecil” dengan berkostum pelaut cilik, 1x ngerayain SIL ”Sekolah Injil Liburan” dimana aktivitasnya adalah merangkai parcel untuk dibagikan ke orang2 yang membutuhkan. Beberapa orang tua anak sudah cukup mengenal abang dan pernah ngobrol basa basi sama bapak dan mama.  Dari mereka itu ada yang bilang kalo abang itu ganteng *klepek2 dengernya*, badannya gede dan aktif... wuisss sebanding lha dengan porsi  makannya bu ibu...

Selama 3 tahunan abang akan tergabung dalam kelas batita ini, dan setiap bulan Juni atau Juli akan ada pelepasan beberapa anak yang usianya 3thn ke atas yang akan naik ke kelas balita. Setiap tahun juga selalu ada pergantian pelayanan untuk kakak2 sekolah minggu dan tentu  setiap tahun anak-anak kelas batita bakal ketemu kakak2 yang berbeda dalam setiap tahun. 



Pertama kalinya abang maju kedepan untuk ikutan tampil nyanyi bareng kakak sekolah minggu dan teman2 lainnya. Karna jalannya masih dipegangin jadinya bapak ikutan tampil ke depan. Lagu kebangsaan anak-anak ini kalo nyanyi di depan adalah happy ya..ya.. ye..ye.. bahkan kalo dirumah pun abang sering minta dinyanyiin lagu ini. Pengasuh abang yang pertama adja yang non kristen aja sampe hafal lagu ini, bahkan kalo lagi gendong abang bisa skalian nyanyiin lagu ini hi..hi..

 Penampilan perdana abang depan kelas, ditemenin bapak dulu nanti kalo udah pede
baru maju sendiri denk
 

Sudah cukup pede untuk maju sendiri…tampangnya yang polos nan lugu  dan gemesin 

Di sekolah minggu sini abang berhasil mendapatkan reward  karna paling sering maju nyanyi di depan kelas yang ditandai dengan stempel ”very good”. Jadi setiap minggu kakak mengajak anak2 maju kedepan kelas untuk nyanyi bersama kakak, nah sih abang ini termasuk anak yang sering banget maju ikutan nyanyi, yah walopun hanya sekedar berdiri bengong2 di depan hi..hi.. setelah selesai nyanyi langsung diberikan stempel ”very good” di tangan dan setiap anak yang dapet stempet dicatat sama kakak.

Di bulan April kemaren perolehan stempel di akumulasi dan ternyata abang termasuk salah satu anak yang mendapatkan stempel terbanyak, langsung anaknya dipanggil maju kedepan untuk mendapatkan reward he..he...reward yang didapat adalah sekeping cd yang isinya berupa film2 cerita alkitab. Ada rasa senang dan bangga terpancar di raut wajah abang ketika membawa cd untuk di tunjukkan ke bapak mamanya... Walopun cd tersebut sampe sekarang belum sempat diputerin hiks..hiks..

Kepedean yang sudah meningkat dibandingkan performance sebelumnya



Di tempat ini abang pertama kalinya bergaul dengan pensil, spidol dan kertas karna ada beragam aktivitas yang dikerjakan anak bersama orang tua setelah selesai mendengarkan cerita firman...pokoknya yang namanya aktivitas yang bersemangat ngerjain ga cuma anaknya denk tapi mama2nya hi..hi.. Awalnya si abang pegang pensil warna/spidol semau-maunya dan senyaman dia adja.. kalo dipikir-pikir toh anaknya masih kecil ini, nantilha kemampuan motoriknya  berkembang dengan sendirinya sesuai usianya, belum perlu diarahin cara memegang alat tulis yang benar. Sampai suatu ketika usianya sekitar 23 bulan di sekolah minggu kebetulan ada aktivitas mewarnai gambar dan mulai terlihat dari cara abang menggenggam pencil, koordinasi jemari tangannya ibu jari, telunjuk dan jari tengah nampak seimbang. Secara pelan dan santai mulailah dia asik mewarnai..walopun coret-coretannya masih belum sesuai dengan pola gambar yang dimaksud.

Abang yang semangat ngerjain aktifitas mewarnai gambar yang bikin cukup makan tempat, untungnya kelas sekolah minggu lagi rada sepi.

Di kelas ini abang termasuk anak yang berani, aktif dan lincah, yah kecuali kalo kebetulan moodnya lagi ga enak bisa2 disuruh apa aja pasti ga bakal mao. Kalo disuruh minta aktivitas di depan langsung denk abang maju kedepan samperin kakak yang lagi bagi-bagi aktivitas, begitu dapat kertas, spidol,atau apapu yang akan dikerjain langsung balik ke tempat duduk dan pamerin ke bapak mama. Begitu juga ketika mau persembahan, abang begitu bersemangat samperin kantong kolekte yang masih di depan buat masukin persembahan. Padahal nanti kantong kolektenya bakal diedarin di depan kita juga koq, he..he..

Disini juga untuk pertama kalinya abang belajar ngasih lem kertas yang akan ditempel pada booklet warna, keliatan begitu antusias serius dan tentu bersemangat. Memang sih sewaktu mulain ngerjain masih diarahin serta dikasih contoh caranya, yang kemudian pelan-pelan diikuti sama anaknya.

 Ngasih lem kertas untuk ditempelin pada booklet warna…aktivitas dalam menyambut paskah 2016

 Duduk di atas rak lemari sambil ngeliatin hiasan telur paskah

Oh iya, dikelas batita ini abang juga ada gebetan lho hi..hi..masih kecil padahal gimana gedenya yah??.ada anak perempuan lebih tua dikit lha dari abang namanya jeslin..awalnya sih kita cuma ledekin sekedar lucu-lucuan gtu dan ternyata gayung bersambut he..he..dapet bocoran dari mamanya jeslin kalo dirumah itu ternyata jeslin suka tanyain abang juga...cie..cie...buru-buru siapin sinamotnya yah pak.

Berhubung ampe sekarang mama barbie masih ngelarang keras abang untuk mencicipi jajanan sebangsa permen, agar, chiki2, coklat dan sejenisnya, makanya setiap dapat bingkisan ultah atau snack di sekolah minggu pasti itu jatahnya buat jeslin...kalo dulu sih bingkisan ultah dibawa pulang buat abang oge ataw memey, tapi sekarang begitu bubaran langsung nyari jeslin buat ngasih bingkisan he..he.. bahkan pernah kakak sekolah minggu yang waktu itu sempat ngeliat abang ngasih snack ke jeslin langsung bilang ”waduh aq jadi terharu nih”

Jeslin yang rada cuek sama abang..masih agak jual mahal karna isi goodybag blom keliatan hi..hi..padahal kalo keliatan isinya bisa langsung diambil sama jeslin


 

Pantang menyerah seblom goodybag diterima Jeslin..good job !!

Berasa juga perubahan sejak awal sampai sekarang anaknya ikutan dalam kelas sekolah minggu disini dan semoga itu semuanya mendatangkan kebaikan buat abang. Memang sih untuk berdoa abang belum bisa sendiri, belum fokus dan masih diarahin, dituntun sama bapak dan mama...palingan yang terdengar di setiap akhir doa adalah suara ”Amin” dari abang. Kalo nyanyipun masih sepotong-sepotong kata yang keluar dari mulutnya belum full nyelesain sendiri lagu dari awal ampe akhir... yang bikin bapak mama senang setiap kali abang dibangunin untuk ke sekolah minggu abang ga pernah ngamuk2 dan perginya selalu ringan langkah dan bersemangat...semoga sampai seterusnya begini yah bang.

©13Juni2016




0 komentar:

Posting Komentar