Selasa, 19 Juli 2016

CERITA KENAIKAN KELAS DAN HADIAH DARI SEKOLAH MINGGU

Seperti tahun-tahun sebelumnya, di sekitaran bulan Juli selalu identik dengan euforia tahun ajaran baru yang mana para orang tua sedikit banyak disibukkan dengan berbagai hal mulai dari penerimaan raport, daftar ulang kelas sampai pake sibuk dengan acara wisuda kelulusan para murid yang naik jenjang pendidikan yang lebih tinggi… abis wisuda dah bisa melamar kerja berarti hi..hi.. untung jaman sekolah bapak mama tempo dulu kaga ada yang beginian segala, wisuda hanya saat graduation dari universitas sekalian nama belakang atau depan bertambah embel-embelnya.

Berhubung sekarang ini jagoan bapak mama masih unyil kecil, mungil, imut dan baru mau sekolah play match di Augustus nanti, bermain aja pake sekolah yah?? hi..hi.. jadi blom ngalamin kerepotan kayak gtu. Berharap di jaman abang mulai sekolah pendidikan formal acara wisuda2 gitu ga perlu dhe, langsung aja pengumuman bagi hasil udah selesai pulang. Kalopun mao pake acara farewall gitu yah mbo yang biasa2 gau usah special pake telor segala he..he.. dasar sih bapak mama ga mau banyak repot nih :).

Di hari Minggu kemaren semua kelas sekolah minggu GKI Agus Salim ngelaksanain semacam acara kenaikan kelas. Tentu berbeda yah momen kenaikan kelas sekolah minggu sama kenaikan kelas sekolahan formal gitu. Dikelasnya abang itu beberapa anak yang usianya sudah 3 tahun keatas akan berpindah naik ke kelas balita. Yang mana kelas balita itu sendiri dibagi menjadi 2 kelas, yakni balita A dan balita B yang membedakan kelas ini adalah bukan karna jumlah anaknya kebanyakan makanya dibagi seperti itu. Sebenarnya aturan disini kalo sudah kelas balita anak diharapkan sudah lebih mandiri, berani dan mengerti jadi tidak perlu lagi ada pendamping anak selama kebaktian berlangsung, cukup ditemani sama para kakak sekolah minggu saja suasana bisa aman terkendali. kenyataannya belum semua anak balita ini yang mau ditinggal sendiri dalam kebaktian sekolah minggu, makanya dibagilah kelas ini menjadi balita A untuk anak yang masih perlu pendamping, sementara balita B buat anak yang sudah bisa dilepas sendiri.

Karna usia abang ini yang sudah hampir 2.6 thn sempat terpikirkan mungkin ga yah kalo abang naik kelas saja ke balita, terserah deh penempatannya di balita A atau di kelas balita B juga gpp, tentu lebih bagus kan yah sekalian bisa anaknya dititipin sebentar selama bapak mama ikutan kebaktian gereja. Pertimbangan lainnya adalah di kelas batita anak yang usianya sepantaran abang sisa beberapa anak saja selebihnya yah masih hitungan bayi. Supaya abang perkembangannya lebih cepat dan siapa tau aja bisa lebih anteng hi..hi.. ngarep.com sebaiknya kan dia bergaul dan berada di sekitaran anak2 yang usianya lebih tua darinya supaya bisa kebawa perkembangannya.

Tapi ngeliat pola dan tingkahnya selama di kelas batita akhir-akhir ini, kami pun jadi agak ragu sedikit galau mao lanjut ke kelas balita atau masih tetap di batita sambil nunggu usianya genap 3 tahunan yang mana masih sekitar 6 bulan lagi...keraguan itu juga ternyata di alami oleh beberapa orang tua lainnya yang anaknya usia tanggung mendekati 3 tahunan. Bahkan ada ibu yang sempat nanyain ke mama kalo Benaya mao naik atau gimana? Soalnya anaknya dia usianya sudah 2tahun 8bulan bingung juga deh ibu itu he..he...oh iya sih ibu itu juga cukup hapal kalo abang itu baru 2 tahunan juga. Ntar lucu juga yah kalo tetiba ibu ini ngeliat abang udah gabung sama kelas balita padahal kan usianya masih belum cukup, lebih bingung lagi kalo ibu itu tanya lagi ke mama;  koq udah di kelas balita kan usianya masih 2 tahunan, anaknya aja mungkin masih di kelas batita...kalo mao jujur sih jawabanya ; yah abis di kelas batita anak2nya kebanyakkan masih pada kecil-kecil hihi...cuman ga enak banget kan jawabnya seperti itu seolah-olah gimana gitu yah...tapi mama juga udah punya jawaban lain ; di kelas ini abang cuman trial aja 2 – 3 kali kalo cocok yah lanjut, kalo ga yah balik lagi ke habitatnya kelas batita, ga bakal di tolak toh.

Kenaikan kelas juga ditandai dengan bergantinya kakak-kakak pengajar sekolah minggu, jadi setiap tahun walopun masih di kelas yang sama pasti kakak pengajarnya berbeda. Biasanya untuk anak kelas 1 s/d praja pengajarnya hanya 2 orang saja, sementara batita dan balita berkisar 3 pengajar yang akan mendampingi anak-anak selama setahun.

Minggu kemaren di kelas batita ada aktivitas berbagi bingkisan snack, yang mana di minggu sebelumnya sudah diinfokan oleh kakak sekolah minggu. Tapi karna bapak yang sewaktu itu nemenin abang dan lupa nyampein ke mama makanya ga di disiapin bingkisannya, jadinya saat aktivitas ini berlangsung abang hanya menerima bingkisan dari anak lain yang kebetulan bawanya agak lebih.

Setiap kehadiran dan keaktifan anak selama setahun mengikuti kebaktian ternyata mendapat perhatian khusus dari para kakak pembina, dimana mereka kemudian membuat rekapan penilaian untuk anak-anak yang kehadirannya bagus dan cukup aktif dalam aktivitas di kelas akan diberikan reward. Sebelumnya pernah diceritakan disini, abang sudah pernah dapat reward di kelas batita ini karena sering tampil menyanyi bersama kakak di depan kelas. Dari penilaian kakak pembina ternyata ada 4 orang anak yang dianggap layak untuk mendapatkan reward kehadiran dan keaktifan itu. Dan salah satu dari ke 4 anak itu adalah tak lain adalah sih jagoan kecil aka supermboy-nya nenek abang Benaya hore...toss dulu kita yuk. Abang dinilai aktif dalam kelas sering maju kedepan ikutan nyanyi, ngerjain aktivitas yang diberikan serta kehadirannya yang bagus jarang absent. Sayang waktu itu yang nemenin abang adalah bapak, sementara mama lagi kebaktian. Coba kalo mama ikutan nemenin bisa loncat2 kegirangan denk bakalan lebih heboh ngalahin anaknya sendiri hi..hi..

Ini lah ke 4 anak yang dinilai layak dapat reward kehadiran dan keaktifan,
tampang mereka datar-datar adja,
kalo diliat justru senyum gembira terpancar dari orang tua dan kakak pembinanya.

©20Juli2016

0 komentar:

Posting Komentar