Kamis, 25 Juni 2015

WeekEnd di Bulan Puasa 2015 [week 1]

Akhir pekan kerap menjadi suatu momen yang begitu dinantikan, bahkan menjelang weekend biasanya nih status beberapa user dalam jejaringan media sosial langsung berubah menjadi TGIF (Thanks God is Friday). Alasan utamanya adalah pada saat itulah seluruh anggota keluarga inti maupun keluarga luas bertemu, berbagi cerita ngelakuin banyak aktivitas bersama mulai dari makan, minum, masak, rekreasi dll.

Weekend kemaren tepat merupakan pekan pertama kaum muslim menjalankan ibadah puasa, So biasanya jalanan dan suasana tempat rekreasi masih sunyi senyap dari hiruk pikuk keramaian aka sepi. Tentu saja situasi kayak gini paling cucok ngajak abang Beben walking walking mumpung anaknya sudah bisa diajak kompromi dalam perjalanan. Walking walking-nya masih yang biasa aja blom yang nyampe keluar kota ataw keluar pulau apalagi keluar negeri  hi..hi..hi..jangkauannya masih seputaran Jabodetabek dulu yah bang…

Walking walking dimulai Sabtu pagi dengan membawa abang berenang di kolam renang Taman Kota. Ini merupakan kali yang kedua buat abang berenang…semoga abang tetap enjoy.  Setelah selesai abang sarapan dan beberes ina ini itu akhirnya kami jalan dari rumah pukul 8.30. Sengaja abang belum dimandiin pikirnya nanti setelah pulang renang baru sekalian dimandiin. Perjalanan pagi itu cukup lancar, jalanan sangat lenggang, sepinya arus lalu lintas membuat polisi yang biasa berjaga di beberapa tempat tidak terlihat.  Begitu tiba di kolam renang pengunjung yang datang hanya sekitar 7 – 8  orang yang tersebar di kolam kecil dan kolam umum.

Tanpa berlama-lama lagi si abang langsung diganti dengan kostum renang, dipasangin swim vest dan  langsung byar...byur…di kolam. Maen di kolam kecil dulu yah bang, sambil nunggu coach abang aka bapak ganti pakaian… mama takut giring abang ke kolam umum ga expert soalnya wkwkwkwk.  Selesai berganti bapak langsung ngajak abang ke kolam umum, seblom turun ke kolam swim vest abang diperiksa, dikencengin talinya plus ditiup dikit biar makin ngembang.

Sambil nungguin bapak, kita pemanasan di kolam kecil dulu yah bang

Safety first pemeriksaan kelengkapan abang  seblom turun ke air… good job coach !!

Make swim vest merupakan kali pertama buat abang makanya keliatan abang ga betah makenya, rasanya ga bisa bergerak dengan leluasa yah bang hehehe. Dalam air pun vestnya beberapa kali sempat ditarik-tarik berusaha dilepas dari tubuhnya, ga cuma ditarik-tarik tapi digigit juga. Waduh bang… pake ginian kan biar abang bisa ngapung di atas permukaan air.  Yang aman itu kadang memang biking ga nyaman lho bang.

Bermain air sepuasnya di kolam sangking sepinya serasa kolam milik sendiri wkwkwk

Selama berada di kolam renang kami bermain air sepuasnya, naik keatas bentaran turun nyebur lagi, pindah ke kolam kecil terus balik lagi ke kolam umum. Sengaja di puas-puasin maennya supaya kalo sudah selesai dan berganti pakaian abang ga minta maen ke kolam lagi.

Fasilitas perosotan di kolam hanya tersedia di kolam anak dan mainan ember tumpah. Mungkin karna sepi ember tumpahnya tidak di jalanin atau mungkin aja dalam kondisi yang rusak. Kolam ini memang sudah cukup lama beroperasi makanya fasilitas seperti meja, kursi santai keliatan mulai karatan. Sempat sekali bapak bersama abang nyobain perosotannya...begitu merosot dan nyampe air abang terkaget-kaget seperti ketakutan mao tenggelam, anaknya memang ga nangis tapi langsung nunjuk-nunjuk minta menjauh dari tempat itu. Nunjuknya justru minta ke kolam umum hi..hi..hi.. dasar abang Beben.

Melihat abang sudah keliatan puas bermain berenangnya dan waktu sudah semakin siang dan tentu makin panas udaranya akhirnya kami langsung menuju ke tempat pembilasan. Sehabis berganti pakaian, abang minum susu sambil mama beberes barang bawaan. Kami meninggalkan kolam renang sudah jam 10 lewat, dan suasana di kolam pun masih sepi. Nikmatnya rekreasi di bulan puasa....

Sore hari kami harus mengantar oma ke bandara untuk pulang ke Manado. Rencana jalan ke bandara stenga 4 agar lebih santai dan menikmati perjalanan karna keberangkatan oma stenga 7 malam.  Sangking kecapean berenang si abang tau-taunya tidur dari jam 1 ampe jam 3, begitu bangun langsung makan, dimandiin sambil siapin perlengkapannya. Dengan persiapan yang rada diburu-buru akhirnya start dari rumah jam 4 lewat, berharap perjalanan ga muacet  karena suasana bulan puasa. Harapan tinggal harapan baru aja keluar kompleks terlihat jalanan sudah mulai ramai dengan kondisi yang padat merayap.  Bapak Beben sudah mulai gelisah, cemas bercampur galau bolak balik utai atik handphone ngecek twiternya @TMCPoldaMetro untuk up date info traffic sore itu.  Puji Tuhan perjalanan sepanjang tol yang kami lalui cukup lancar, kalo aja agak tersendat bisa dijamin oma ketinggalan pesawat.  Nyampe di bandara aja udah stenga 6 lewat nurunin barang, nyari parkir setelah itu langsung oma chechk in. Selesai chechk in langsung disuruh masuk ke ruang tunggu keberangkatan.  Di bandara kami masih sempat ngasih makan abang denk karna udah jam-nya abang makan. 

Setelah dari bandara niatnya mau mampir ke Total di Kalimalang buat belanja stok makanan abang ...karna jalanan macet dan waktu yang tidak memungkinkan takutnya nyampe sana dah keburu tutup akhirnya kami hanya mampir ke Total yang di Sunter. Belanja bentaran doank karna tempatnya kurang familiar terasa asing rasanya mao nyari apa-apa mesti nanya dulu ke pelayan toko.  Beberapa item yang sudah di list ga tersedia disitu, belanjaannya juga ga terlalu banyak. Pulang-pulang nyampe rumah sudah jam 10an, bersih2 sambil beresin barang bawaaan dan belanjaan langsung washlap abang supaya langsung anaknya istirahat.

Keesokan harinya mama Beben bangun subuh, kucek2 mata, nguap lebar2 masih dalam suasana weekend tentunya, walking walking kemana lagi yah kite??  Kebun Binatang Ragunang target kita hari ini.

Walopun ada agenda walking walking di hari Minggu tetapi yang utama dan menjadi prioritas hari ini adalah kebaktian gereja buat bapak mama dan sekolah minggu buat abang. Selesai bapak dan mama mengikuti kebaktian subuh, langsung pulang nyampe rumah abang masih tertidur pules, langsung dibangunin denk...biar nanti ga telat nyampe sekolah minggunya. Hari ini kan di sekolah minggu kelas Batita bertepatan dengan acara SIL (Sekolah Injil Liburan) dan dilaksanain di lapangan mulainya juga lebih awal dari biasanya pukul 8.30.

Kegiatan SIL Batita ini diisi dengan aktivitas membuat parcel, bukan...bukan anak-anak batitanya koq yang buatin parcel, kebayang donk gimana bentuknya parcel itu kalo sekumpulan batita ini yang buat he...he.... Tujuan kegiatan SIL ini adalah mengajarkan anak-anak saling berbagi kepada mereka yang lebih membutuhkan.

Minggu sebelumnya kakak sekolah minggu bagiin kertas untuk pembagian kelompok. Ada 8 kelompok yang terbentuk dan  setiap kelompok mendapat tugas untuk membuat parcel yang isinya bebas ditentukan sendiri sama angota kelompoknya. Abang tergabung dalam kelompok VI yang terdiri dari 5 anak, setelah berdiskusi dengan para orang tua disepakati bersama kalo kelompok ini akan membuat parcel yang berisi sembako. Jadinya setiap anggota diminta untuk membawa barang yang termasuk dalam kategori sembilan bahan pokok ini. Abang saat itu membawa minyak, gula dan biscuit.

Pagi itu langit keliatan terang, matahari bersinar dengan cerah anak-anak bersama orang tua sudah semangat berkumpul di lapangan. SIL Batita diawali dengan kebaktian sekolah minggu. Sebelum kebaktian dimulai setiap anak dibagikan topi yang terpasang gambar benda atau makhluk hidup ciptaan Tuhan. Abang kebagian topi warna hijau yang terpasang gambar kura-kura. Seru juga ternyata  kebaktian di alam terbuka sperti ini lebih leluasa bergerak dan terasa menyatu dengan alam sekitar.

Kelas Batita...yang selalu identik dengan jumlah anak = jumlah orang tua
 
Nyanyi bareng di depan bersama kakak sekolah minggu,
gayanya abang tuh mau tepuk tangan tapi keliatan nanggung gtu yah hihihi

Selesai kebaktian langsung berlanjut ke aktivitas pembuatan parcel, untuk yang ini tentu para orang tua yang turun tangan. Ternyata parcel ini dilombakan lho, jadinya para orang tua berusaha menyusun isi parcel dengan rapi supaya nilai estetikanya muncul. Kelompok VI begitu bersemangat..sangking semangatnya ada anggota kelompok VI yang ampe bela-belain bawa glue gun yang membutuhkan tegangan listrik saat mengelem. Semangat tetap terlihat walopun belum mendapat juara hi...hi...hi... yang penting usaha yah. Parcel ini nantinya akan dibagikan kepada security, cleaning service, petugas parkir dan lain-lain yang membutuhkan

Selesai dengan parcel ini semua anak dipanggil sesuai urutan kelompoknya untuk maju kedepan diberikan medali very good yang langsung di kalungkan di leher.

 Sudah kebagian topi kura-kura, dapet medali very good tetap aja abang ga mau lepasin kotak biru ini...ya eya lha abang tau kotak ini isinya bekal makanannya

Setelah semua acara sekolah minggu selesai dan pada bubar kami pulang ke rumah dan langsung persiapan acara walking walking ke Ragunan. Kalo Sabtu kemaren acara renang hanya abang, mama dan bapak nah untuk pergi ke Ragunan hari ini beramai-ramai bareng dengan rombongan koko viel dan abang oge. Rombongan koko viel yang ikut adalah tante Vina, tante Jesi, opung mama, opung babay ga ketinggalan juga si kecil ndut Memey. Rombongan abang oge ikutan bou ndah, abang niko dan abang  oge.

Kebun Binatang Ragunan yang akan kami datangi ini merupakan tempat wisata yang lokasinya di Pasar Minggu, Jakarta Selatan. Lokasinya cukup gampang di akses dari berbagai tempat, bisa menggunakan busway, motor dan mobil pribadi. Tarif masuknya pun sangat murah, sehingga menjadi tempat favorit untuk di kunjungi. Selain sebagai tempat rekreasi, disini juga bisa menjadi tempat belajar anak-anak mengenal berbagai jenis fauna.

Koko viel beserta rombongan sudah jalan terlebih dahulu, mereka duluan siap dibandingkan rombongan abang. Ga apa – apa toh tujuannya sama kan ke Ragunan, nanti juga bakal ketemuan disana koq. Oh iya, untuk rombongan abang oge perginya bareng dengan rombongan abang.

Perjalanan ke Ragunan sangat lancar ga nyampe sejam kami sudah tiba disana.  Begitu masuk area parkiran sedikit kaget juga karena pengunjung lumayan ramai berdatangan ke sini.  Mungkin sembari menunggu waktu berbuka puasa banyak para orang tua yang mengajak anak-anak menghabiskan waktunya disini sekalian rekreasi.

Begitu masuk area kebun binatang langsung bertemu dengan rombongan viel, istirahat sambil makan siang sebentar, ngasih cemilan kentang goreng dan buah buat abang. Namanya anak laki-laki yah ga bisa jauh-jauh dari benda bulat ini aka bola. Koko viel sampe maksain bawa bola dari rumah buat main di sini. Bahkan seblom jalan ngiderin kebon disini, masih sempat-sempatnya abang oge, abang niko, koko viel dan abang Beben maen bola. Yah hitung-hitung pemanasan dhe he..he..he..


Hewan pertama yang ingin ditunjukan bapak ke abang adalah gajah, makanya abang langsung dibawa menuju kandang gajah. Tempatnya mudah dicari berjalan saja dengan mengikuti petunjuk arah panah yang terpasang dibeberapa tempat. Saat tiba di kandang kebetulan gajahnya lagi show dengan berjalan disekitar kandangnya. Tubuh gajah ini keliatan segar, gemuk dan sehat, spertinya terurus dengan baik oleh petugas disini. Ada beberapa kandang disana dan 1 kandang hanya berisi 2 sampe 3 gajah tergantung ukuran kandangnya lha yah. 

Abang melihatnya hanya dari kejauhan saja, kalo abang sudah bisa ngomong mungkin ada banyak pertanyaan yang akan keluar dari mulutnya tentang hewan ini. Abang keliatan agak takut ketika gajahnya menggebrak pintu kandang dengan belalainya karna terdengar bunyi yang menggelegar. Nah bunyi ini yang bikin abang rada takut hi...hi... tapi ga sampe bikin abang nangis bahkan ga sampe minta menjauh dari situ.


Bapak..bapak... abang mau bawa pulang gajah boleh ga? Biar ada piaraan baru dirumah he..he..

Sehabis dari kandang gajah langsung nyebrang ngeliat burung unta. Ada beberapa pengunjung yang mengabadikan momen ini ketika burung unta berjalan mendekati pengunjung.


Abang Beben dengan gayanya manggil burung bangau tong tong

Selesai liat gajah dan beberapa burung kunjungan berlanjut ke kandang monyet. Begitu nyampe sini, ada begitu banyak monyet yang semuanya ada dalam kandangnya masing-masing. Satu kandang hanya berisi 2 monyet dan monyet-monyet ini keliatan asik bergelantungan di pohon dan kayu sambil berteriak-teriak. Bukan teriakan menjerit kesakitan tapi mungkin nih monyetnya lagi bermain-main sambil berusaha menarik perhatian pengunjung. Sangking tempatnya keberisikan sama suara teriakan monyet si koko viel ampe ketakutan minta buru-buru pergi dari tempat itu. Kalo abang sih biasa-biasa aja ekspresinya.



 Abang Beben mao salam damai sama monyet

Setelah itu kami mampir sebentar ke kolam air tawar ngeliatin bermacam-macam ikan dari yang kecil sampe yang berukuran besar ada disini. Beranjak ke kandang kura-kura walaupun hewan ini bisa hidup di darat dan di air tetapi mereka lebih banyak menghabiskan waktunya di air. Sehingga setiap kandangnya selalu tersedia semacam kolam air kecil.

Berlanjut lagi kita  ke kandang ular. Satu kandang hanya berisikan 1 ular dan saat itu semua ular yang ada disana sedang dalam proses sheding (berganti kulit). Warnah tubuhnya menjadi lebih terang, mereka lebih banyak diam di tempat yang lembab.  Kulit yang terkelupas juga masih ada di dalam kandangnya. Berdekatan dengan kandang ular disitu ada juga kandang buaya, langsung kami datangi juga.

Ga terasa yah ternyata sudah mao jam stenga 4 aja, terdengar pemberitahuan petugas disitu ingatin semua pengunjung kalo sebentar lagi kebon binatang ini akan di tutup. Selesai beberes barang bawaan, ngelap bersih-bersih dan ganti baju anak-anak akhirnya kami meninggalkan ragunan tepat pukul 4. bye..bye Ragunan Zoo, Till we meet again.

Berniat untuk datang lagi ke tempat ini 2 ato 3 tahun kedepan kalo abang sudah mau masuk SD, mungkin anaknya sudah bisa diajak untuk  mengenal dan mencari tau bermacam-macam fauna. Kalo gtu bapak sama mama dah mesti siap-siap buat ngejawab pertanyaan abang tentang fauna di sini mulai yang gampang dijawab sampe yang sukar ampe muter otak buat ngejawabnya  hi...hi...


©25Jun2015

0 komentar:

Posting Komentar