Senin, 29 Februari 2016

BENAYA 25 MONTHS

Setelah melewati usia 2 thn kemaren sebenarnya ngerasa selesai mereview perkembangan abang yang mana progressnya tidak terlalu signifikan jika dibandingkan sewaktu dia di bawah setahun. Tapi selalu saja dirumah kita dikejutkan dengan tontonan gayanya yang aktif, lucu, lincah dan cepat yang dilakukan secara spontan tanpa berpikir panjang…yah eya lha anak segitu masak udah mikir ina ini itu, dan pasti juga resiko bahayanya urusan belakangan lha yang penting dia puas hati dulu bisa melakukanya.

Suatu malem ketika mama beberes di dapur dan bapak ngurusin timi di garasi abang di puterin film kartun kesenangannya, biar betah depan tv kaga ngerecokin mamanya di dapur.  Ternyata diam-diam anaknya kedapur ngambil galon aqua yang kosong dibawah ke depan dan akhirnya mulailah aksinya panjat-memanjat galon kosong.  Bikin deg-degan yang ngeliat, karna sempat abang jatuh bangun beberapa kali dikira anaknya bakal kewalahan dan kapok tapi teuteppp tuh ngotot lagi buat manjat sampai akhirnya berhasil berdiri sendiri di atas galon kosong. Berdirinya juga dengan pijakan kaki yang kuat dan rileks ga tegang bahkan sambil senyum2 nonton Curious George di tv.

Ati-ati yang abang Beben ! kalo udah seperti ini mao dilarang-larang juga udah suzahhh
mending  ikutin aja sambil didampingi supaya kemampuannya makin optimal

Aktivitas lainnya yang hampir mirip dengan memanjat yang digemari abang adalah naik turun tangga yang sudah mulai digemari sejak usianya 10bulanan, lengkapnya ada disini dan disini. Makin kesini anaknya makin ketagihan naik turun tangga entah itu tangga lipat di swalayan, tangga bambu yang nyender di tembok, tangga besi di lapangan bahkan tangga rumah juga. Jarak anak tangga yang dinaiki lumayan tinggi > 20 cm. Bukan hanya tangga saja denk dipanjat, tapi pegangan besi di kursi  kereta yang bisa buat pijakan kakinya juga berusaha dipanjatnya. Kalo naik tangga tidak pernah dibiarkan sendirian selalu didampingi, biasanya kalo bareng bapak saat naik turun tangga sekalian belajar menghitung langkah kaki pijakanya.

Liat aksi abang dalam kereta yang sedang berjalan, liat juga tangan mamanya yang berusaha menahan tubuhnya, para penumpang kereta silahkan dinikmati aksinya!! 

Aksi corat mencoret abang yang semula hanya berbentuk garis lurus tak beraturan, sekarang ini sudah mulai membentuk bulatan..yah walaupun bulatannya juga masih belum begitu rapi. dan sekarang tembok ruangan juga dipenuhi dengan warna warni coretan tanganya. Abang oh abang kurang gede yah agenda yang dikasih bapak mang?. Tapi kalo lagi nulis anaknya lumayan maniz dan anteng juga sih, jadinya kita bisa bersantai sejenak.


Bahkan di resto pun masih sempat-sempatnya abang pegang pulpen dan kertas,
lumayan lha mama bisa rehat sejenak hi..hi..
 

Abang juga mulai senang bermanja-manjaan sama bapak dan mama...ga bisa liat bapak mamanya tiduran bersantai depan tv pasti disamperin abang untuk ikutan duduk di punggung sambil loncat-loncat. Postur tubuhnya nya semakin berat terkadang mama sampe ga kuat nahan abang. Kalo mau tidur juga maonya deket-deket sama mama, kepalanya bukan disandarin ke bantal tapi ke punggung mama... mama sih seneng2 adja toh moment seperti  ini  bisa membangun kedekatan dan kemesraan kami.

Edisi nyantai kayak dipantai…

Sekarang ini abang suka kegirangan kalo nonton Leon Cartoon bahkan sampai tertawa heboh lho  suara tertawanya kayak gini ha ha ha. Kita semua yang nemenin abang nonton suka ikutan gayanya juga. Abang tepuk tangan bapak mama juga ikutan tepuk tangan, abang tertawa kami juga ikutan tertawa..beberapa adegan yang mengundang kelucuan dari film ini sudah dihapalnya, bahkan kalo udah mao deket-deket adegan yang lucu itu, abang udah siap ambil ancang-ancang ketawa.

Setiap weekend sudah jelas kalo itu waktunya abang sama bapak mama..bayangin adja anaknya ga mao sama siapapun termasuk opung dan bou2 disekitarnya. Beda banget lho sama weekday yang setiap pagi seblom ngantor abang yang masih setengah sadar aka ngantuk dibawah ke tempat opung, kesehariannya dihabiskan disitu ampe kita pulang kantor. Di Sabtu Minggu anaknya anti banget ke rumah opung, jangankan kerumahnya ngelewatin jalanan depan rumah opung adja abang hampir2 ga mao bahkan jarinya nunjuk2 minta lewatin blok lain.

Sekarang ini abang lagi senangnya teriak menjerit tanpa peduli waktu dan entah sebabnya apa. Disuruh diam malahan lebih kencang suaranya dan makin sering frekuensinya, mending ga usah diladenin selama belum ada tetangga samping yang ketok pagar komplain wkwkwk.

Abang lagi senangnya melakukan tempel menempel kertas. Ceritanya nih di sekolah minggu yang lalu abang dibagiin kertas dan lem untuk aktivitas tempel menempel pada booklet warna.  Aktivitasnya dilakukan bersama dengan orang tua/pendamping, belum memungkinkan juga kapasitas anak batita untuk melakukan sendirian.  Dengan semangat abang maju kedepan meminta booklet warna, kertas dan lem yang dibagiin kakak sekolah minggu. Setelah semuanya lengkap dimulai aktivitasnya dengan abang kebagian job untuk ngasih lem ke kertas-kertas, selanjutnya mama yang nempelin ke boklet warna, nanti secara bersama-sama abang sama mama akan meratakan kertas-kertas yang tertempel dalam booklet.

Don’t disturb…lagi semangat ngelem kertas di sekolah minggu

Team work yah kita berdua mama…bapak job-nya photo2 adja 

Melihat pertumbuhan abang kami sungguh bersyukur, walaupun terkadang kewalahan juga mengikuti setiap gerak geriknya...abisnya kalo dilepas keluar rumah abang bukannya jalan santai seperti anak2 lainya, eh...alaaa ini malahan langsung lari jadinya kita juga ikutan terbirit-birit ngejar dia. Diliat dari postur tubuhnya yang semakin besar kalo mao digendong tentu udah lumayan berasa. Selagi abang masih seusia seperti ini dinikmati sajalha dulu, mikir capenya belakang.

Untuk usia sekarang ini abang mulai dilatih toilet training. Awal-awalnya abang belum terbiasa, makanya setiap kali ditanya kalo mau pipis selalu yang terdengar jelas ”ndah” padahal ga lama setelah itu ngompol denk...pelan-pelan yah bang kita latihan lama-kelamaan abang pasti bisa, lumayan kan bisa berhemat biaya buat beli pampers. Untuk masalah pergaulan atau sosialisasi masih belum terlihat perkembangannya, sejauh ini abang masih asik dan sibuk dengan dunianya sendiri.


 Ga terasa abang udah makin besar,
Sebentar lagi udah mau siap sekolah...
Kiranya abang tetap diberikan kesehatan selalu 
Tetap dengar-dengaran sama bapak mama
Makin bertambah-tambah hikmat dan kepintaranmu
Dan diatas semuanya
Abang bisa menjadi anak yang
rendah hati dan takut akan Tuhan.

©29Feb2016

0 komentar:

Posting Komentar