Rabu, 02 Desember 2015

BENAYA 22th MONTHS...WHAT HE CAN DO NOW

Makin hari dia makin bertambah besar hingga di hari Minggu kemaren abang sudah menginjaki usia 22 bulan…itu artinya 2 bulan lagi abang udah mao 2 tahun. Tingkah dan lakunya sehari-hari sudah tentu membuat orang rumah kewalahan. Larinya makin gesit & cepat, kalo ada yang ngejar bukannya berhenti malah kecepatan larinya ditambah *ga pake rem*. Papan pembatas pintu yang tingginya kira-kira 45cm sebagai penghalang agar anaknya tidak sembarang keluar rumah akhirnya berhasil ditakhlukanya. Dengan diam-diam abang berhasil keluar dari rumah melewati papan, keluar pintu pagar, nyebrang jalan dan duduk depan warung tetangga. Setiap kali dikejar saat naik tangga atau mao digendong dengan cerdiknya abang bilang du du dan memang posisinya langsung duduk. Di rumah lebih banyak terdengar kata “ndah” daripada mo…mo.. (mau). Bila kemauannya ga diturutin mulai ngambek pake ngebanting badan bujuk rayuan pun hampir ga mempan kecuali ada sogokan biscuit, susu ataw beliin DVD Curios George hehehe..
 
Bah !! Gayamu itu macem bos aja bang huehehe…

Setiap pulang kantor bapak sama mama selalu terima laporan dari orang rumah akan tingkah abang hari itu kadang ceritanya bikin bapak sama mama tertawa, kadang jadi ngeri-ngeri sedap juga… pernah suatu kali abang ngambil pisau dari dapur opung sambil manggil bou ndah dengan mengibaskan pisau dan bilang co..co…..wuadowww baru inget malem sebelumnya bapak main becanda sama abang pake sapu lidi dengan menirukan gaya the mask of zorro abang ketawanya ampe terbahak-bahak. Besoknya gayanya di copy paste sama abang….jadi pelajaran juga jangan sembarang ngasih contoh yang namanya anak-anak dengan usia segitu semua yang dilihat ditelan mentah-mentah. Ngeliatin bapak ketok – ketok palu pasang tirai nyamuk di kamar, besoknya langsung abang ke dapur buka kulkas ambil brokoli naik ke kursi kecilnya sambil ketok-ketokin dinding dengan brokolinya. Bang…bang…itu sayur lho bukanya palu.

Abang sudah berani dan makin percaya diri bermain diluar rumah, bahkan berlari sendirian sampe di ujung jalan, bapak sama mama tinggal ngawasin dari depan pagar. Untungnya jalanan depan sepi dengan kendaraan jadi masih aman untuk abang bolak balik. Lama-lama abang diam-diam dah kabur ke lapangan denk. Setiap hari bela-belain begadang ampe malam demi mau nonton beberapa film kartun kesukaannya, padahal film tsb setiap malam diputerin di rumah.

Sudah mengenal jelas suara motor bapaknya. Begitu dengar motor mendekati pagar rumah, abang langsung lompat kegirangan seakan menanti atau menyambut kami di depan pintu. *nyesss rasanya* sudah bisa naik ke motor bapak sendiri tanpa dituntun atau dipegangin, mama ketika itu yang ngeliat rasanya senam jantung. Diatas motor pun ga mao duduk anaknya senangnya berdiri atau tiduran di joke motor. Bersemangat pake banget kalo diminta bantuin bapak nyuci timi mo..mo.. sambil ngangguk2 kalo ditanya, gayanya juga ikut-ikutan megang selang, celupin kanebo ke air dan langsung ngelap body timi wkwkwk. Lumayan nih ada yang bantuin bapak, walopun malemnya berakhir dengan muntah-muntah karna abang masuk angin. keukeuh nawarin diri bantuin bapak buat nyapu halaman padahal udah malem lho, walopun itu hanya sebagian trick abang supaya dikasih ke luar rumah biar abang bisa sepuasnya lari-larian sampe guling-gulingan di tanah.

Hobi banget buka tutup pintu kulkas, terkadang hanya buka begitu aja dan abang diam depan kulkas menikmati hawa dingin nan sejuk. Kadang juga abang ngeluaring barang dari kulkas entah itu sayuran, botol minum atau juga sambil nyari susu uht miliknya yang biasa disimpan mama di kulkas.

Mulai hemat ngomong alias kalo ditanya hanya sekali jawab saja itupun kalo moodnya lagi enak, ga ada siaran ulang hi...hi...makanya orang yang nanya perlu nyimak dengan baik yah bang.

Ikan kembung goreng dan telur ayam kampung dadar merupakan menu andalan abang saat ini, dikasih sayuran kadang udah mulai jenuh/bosan dengan rasanya. Bukan karna bawaannya yang ga mao makan, tapi lebih kepada mulai memilih makanan sesuai dengan rasa dan seleranya. Jadawal dan menu makan abang juga udah berubah yang biasanya pagi dikasih makanan berat (nasi + lauk) sekarang kalo pagi abang hanya makan makanan ringan saja sebangsa coco crunch, biscuit, roti, kentang goreng, tempe ntar jam 10an baru dikasih nasi.

Melihat pergerakan dan tumbuh kembang abang sampai saat ini kami bersyukur banget. Walopun bapak sama mama rasanya produktif banget setiap hari, maklum lha yah kita bertiga doank penghuni di rumah. Ketika bapak mama pergi kerja abang ditemenin sama opung dan bou ndah, setiap pagi ngedrop abang di opung, sering masih pulas tidur langsung digendong kadang juga terbangun dijalan tapi sama sekali abang ga ngerengek, manja atau nangis menjerit...salut buat abang !! di hari libur anaknya udah ngerti juga itu merupakan waktunya aka me time abang bersama bapak sama mama jadi kalopun opung atau bounya mau gendong, ngajak main atau ngajak jalan pasti bakal terdengan suara ”ndah” dari abang he...he...

Sehat selalu yah bang...
Kiranya bapak mama semakin ditambahkan hikmat,
kesehatan dan kesabaran untuk mendidik abang yang makin bertumbuh besar.


Kiranya abang juga menjadi pribadi yang kuat,
tidak mudah menyerah dan terlebih takut akan Tuhan.
 
©03Des2015

0 komentar:

Posting Komentar