Rabu, 02 September 2015

BENAYA 19th MONTHS...HE'S NOT BABY ANYMORE

Sabtu kemaren di tanggal 29 Agustus abang berulang bulan yang ke 19. Makin kesini semakin banyak hal yang dimengerti dan makin gemar ngelakuin segala keinginanya dengan caranya sendiri, kalo diliat gayanya kadang bisa bikin berhahahihi. Makin aktif menjelajah sekitar rumah bolak balik, wara wiri dapur – kamar – ruang tamu…sekali-sekali mampir kamar mandi kalo diliat pintunya terbuka… senang buka tutup pintu kulkas, kebetulan kulkas yang dirumah  pintunya bisa dibuka sama abang, kalo mao dihitung sih ada kale dalam sehari bisa 6 sampai 7x samperin kulkas buka tutup pintunya, berusaha naik tangga sendirian begitu mao dipegangin langsung buru-buru duduk ngelesss biar ga di gendong turun hi..hi..hi.. naik ke atas meja deket tv 21”sambil di goyang-goyang tv-nya, yang ngeliat mendadak senam jantung rasanya. Kalo lagi iseng tiba-tiba abang suka tarik kabel yang sedang terpasang pada colokan listrik, mencoba mengangkat kipas angin besi yang standing deket tv. Senang buka tutup keran air depan rumah, ga cuman keran rumah aja tapi keran air milik tetangga juga jadi incarannya kalo lagi main ke situ gud...gud...siap-siap dapat tagihan air dari tetangga wkwkwkwk.

Semakin mengenal orang sekitarnya, bukan hanya sebatas yang sering beredar dalam rumah aja tapi sekarang jangkauan pengenalannya udah mulai meluas ke tetangga. di hapal satu persatu bahkan kalo melintas di dekatnya bisa juga tuh dipanggil orangnya walopun panggilannya blom  sempurna..apid untuk david (anak depan rumah), na untuk ina (tetangga samping), dil untuk fadil (anak kecil yang kadang maen ke rumah), dis untuk endis (anak perempuan sepantaran abang), me me untuk memey (adiknya viel), ie untuk viel. ca untuk echa (sepupu abang yang semingu sekali maen ke rumah) be be untuk babe (amangborunya), tong untuk manggil engkong (security di kompleks) ...sebutan pu untuk lampu, pi kalo liat ada asap, noh maksudnya disana, nih maksudnya ini, du du maksudnya duduk, ja ja sebutan untuk gajah (binatang favorit abang selain go gok saat ini), ndong maksudnya minta gendong, tu tu maksudnya susu. Selain itu kemampuanya dalam menangkap dan mengungkapkan maksudnya ke orang lain mulai nampak. Sewaktu itu handphone mama bunyi di kamar si abang yang lagi di kamar ngomong nyi..nyi.. (maksudnya bunyi) sambil berusaha ambil handphone diatas lemari buat dikasih ke mama hi..hi..


Hapal sehapal hapalnya jalan yang arahnya dari rumah menuju ke Summarecone Mall Bekasi aka SMB, padahal kalo lewat jalur situ abang seneng liat lampu di puteran jalan yang nyalanya berwarna warni. Kalopun mampir ke situ palingan seminggu sekali ke foodhall nyari bahan makanan organic plus nonton live music di downtown walk sekalian abang liatin dari jarak dekat aksi drummer sembari sekali-sekali ikutan juga gaya ngedrum he..he...bahkan nih kalo bepergian yang jalurnya beda arah dengan arah ke SMB maksudnya kite mao ke suatu tempat yang arahnya mesti ambil jalur lurus, sementara ke SMB harus belok kanan eh...sih abang malahan nunjuk-nunjuk ke arah SMB kalo ga di ikutin rada-rada sewot gtu hihihi kalo udah gitu urusan bapak muterin mobil ikutin jalur ke SMB bentar.


Indomaret sama pom bensin rasanya ga asing buat abang, kalo lagi di bepergian terus ketemu ke dua tempat itu langsung denk ditunjuk-tunjuk sama abang...satu lagi yang paling disenangi kalo ngeliat palang pintu parkir atau toll yang otomatis turun naik saat in/out kendaraan.
Mulai suka membalik halaman buku atau kalender meja dengan gaya baca yang mulutnya komat kamit pa..pa...pa...ngerti dan lakuin perintah bapak kalo nyuruh abang buang sesuatu di tempat sampah, letakin baju kotor di embernya. Terampil buka tutup toples/omprengan miliknya sendiri ya eya lha isinya makanannya bang.

Kalo ketemu dus rokok sama korek bapa *sensor*  terus ditanya ini buat apa langsung denk anaknya masukin tangan ke mulut maksudnya itu rokok yang biasa dimasukin ke mulut. Intinya disini mau dibilang kalo komunikasi non verbal (melalui gerak dan gaya) juga sudah mulai dipahami abang kalo ditanya ato dia ngeliat sesuatu.


Perilaku agresif seperti memukul, mendorong, menggigit dan sebagainya yang katanya bisa muncul ketika anak memasuki usia segini ternyata di abang justru hampir berkurang atau bisa dibilang sama sekali enggak nampak. Waktu abang mao setahun memang perilaku seperti ini muncul, lebih seringnya menggigit mungkin itu juga karna dipicu oleh rasa gatel disekitaran gusinya ataw juga anaknya memang lagi iseng. Syukurlah makin kesini perilaku seperti itu hampir tidak ada lagi.

Selain gigi seri atas bawah yang sudah lengkap. sekarang gigi taring abang kiri kanan bawah dan atas sudah mulai numbuh, gigi geraham bawah dan atas satu persatu juga dah mulai keliatan numbuh. Jumlah giginya sudah berapa ga begitu keliatan karna anaknya kalo disuruh buka mulut ga mao lama-lama dibuka takut kebanyakan makan angin yah bang...pingin deh satu waktu mama ngeliat gigi abang sudah lengkap sempurna biar makanan bisa lebih variasi lagi karna sudah bisa dikunyah.


Nafsu makan abang juga makin tinggi semua yang dimasak mama disikat sama abang, makananya juga masih bebas gulgar (gula garam). Kadang ada beberapa orang yang mungkin jarang ketemu sama abang suka bilangnya ”koq kurusan sih? Yeah.. sedih nih dengar gituan, rasa-rasanya kalo abang makan mama mau panggilin satu-satu mereka itu biar liatin makannya abang yang super duper lahap. Sih Jarwo (toko film adit & sopo jarwo) aja yang pegang kue di tv sampe bela-belain diminta kuenya sama abang wkwkwkwk. Memang kebanyakan orang menganggap kalo badan gemuk  pertanda sehat. Anggapan seperti ini kan keliru. Anak gemuk juga mungkin saja sehat, tetapi bisa saja sedang tidak sehat karna menimbun karbo yang banyak dalam tubuhnya dan bisa berpotensi obesitas. Yang terpenting adalah anak itu kebutuhan gizinya tercukupi dan progress tumbuh kembangnya berjalan dengan normal itulah yang menandakan anak sehat.  

Selamat ulang bulan yaa abang
BENAYA PARULIAN SIMANJUNTAK

Dengarlah nasihat dan terimalah didikan,
supaya engkau menjadi bijak di masa depan (Amsal 19 : 20)


©03Sept2015

0 komentar:

Posting Komentar