Jumat, 11 September 2015

WHAT'S YOUR TALENT BEN?

“Menggali bakat anak” kalo kata orang sih ibarat mencari berlian yang terpendam he..he..
Setiap anak terlahir dengan kemampuan yang berbeda, makanya untuk mencoba mengenal bakat apa yang mereka miliki ternyata bukan perkara gampang bagi para orang tua. Perlu waktu, usaha, perhatian, kesabaran dan sarana yang mendukung selama proses pengenalan bakat anak. Kalo sudah ketemu bakatnya tinggal tugas orang tua dalam membimbing serta mengarahkan agar bakatnya bisa berkembang dan tersalurkan dengan tepat.
 
Sewaktu arisan Simanjuntak bulan April 2015 kemaren di Cibubur (lengkapnya ceritanya ada di Safari Weekend) abang sempat nyoba mainin drum di studio bapak tua ebi. Ini nih drum beneran yah bukan drum-druman kayak maenan anak-anak. Si bapak tua ebi itu emang jiwa seninya kental abizz ga heran banyak alat musik yang tertata rapi dalam studionya.
 
Benaya little drummer  boy in training

Sepulang dari Cibubur ternyata effect ngedrum ini masih berlanjut di rumah, tapi karna dirumah ga ada drum jadinya property dapur opung panci, loyang dan sutil yang jadi korbanya tak ada rotan akar pun jadi yah bang…effect lainya dalam rumah makin riuh dengan bunyi cempreng panci loyang yang dipukul-pukul abang sepanjang hari wkwkwk. Bahkan pernah sekali waktu ada acara makan keluarga di resto terus sih abang ketemu denk sumpit, gelas sama piring langsung piring sama gelas dijadiin drum sementara sumpit dimainin sebagai pengganti sticknya.

Ngedrum dengan pake sumpit, piring dan gelas

Ngeliat anaknya yang makin getol ngedrum kasian juga yah kalo ga diikutin atau paling ga dikasih perlengkapan yang bisa support dia buat menyalurkan keinginannya itu. Dengan bermodalkan semangat demi sayang anak dijabanin deh… bapak sama mama nyari info hunting sana sini browsing drum set mini buat anak-anak dan usahanya ga sia sia, ketemu juga satu set Tomindo big band drum biru-lime yang terdiri dari bass drum, small tom-tom, large tom-tom, mini tom-tom, cymbal, pedal mechanism dan stand chair…cukup complete lha yah buat mainan anak sepantaran abang ini. Satu info penting lagi adalah pembelian drum ini disponsori sama bou kezia yang bae hati itu he..he…mauliate godang bou.

Begitu drum sudah nyampe dirumah ekspresinya abang senyum2 senang ketika dus nya di bongkar plastik pembungkus drum dilepas langsung denk dimainin sama abang. awalnya abang seneng mukul cymbal-nya tapi pelan-pelan di arahin biar semuanya dimaenin termasuk bassnya.
Drum set ini disimpan dilantai atas biar mengurangi keheboan dalam rumah, kalo bapak pulang kerja baru lha bawa abang latihan drum di lantai atas. Bahkan abang udah terbiasa aja kalo ngeliat bapak udah pulang langsung minta gendong naik ke atas sambil tanganya ngikuti gaya ngedrum. Sepanjang weekdays drum ini tersimpan di atas. Kalo udah weekend baru drum ini diturunkan ke ruang tamu supaya abang bisa maen sepuasnya sambil ditemenin bapak dan mama…jangan ditanya lagi bagaimana hiruk pikuk rumah denger suara drum abang sepanjang weekend.

Photo dulu ah…seblom ngedrum
 
Periksa kondisi pedal mechanism

Abang juga senang nonton beberapa video drummer cilik hasil download dari youtube yang tersimpan di handphone bapak. Bahkan kadang ngikutin gayanya si avery drummer cilik umur 6 thn yang kalo ngedrum ga pake kaos dan kalo berasa haus saat main drum meneguk langsung air minum dari botol…gaya sperti itu ditiru juga sama abang hi..hi..hi..

Sesekali dalam seminggu kami juga sering membawa abang nonton live musik di Sumarecone Bekasi dan yang lucunya kalo nonton bukannya di depan liatin vokalis nyanyi, tapi nontonnya dari belakang panggung fokus pada aksi sang drummer sambil tangan dan kaki abang ngikuti gaya drummer ini.

Setiap sore abang sering di ajak maen opung ke rumah koko viel, di rumah viel property musik lumayan lengkap ada gitar, piano dan drum. Kalo di situ abang sering maenin gitar okulelenya…tapi namanya anak-anak yah jadinya kadang mereka berdua saling berebut, mana yang dipegang sama anak yang satu tiba-tiba yang satunya datang langsung direbut..kadang mereka berdua rukun dan damai berpelukan, toss sambil dada- dadaan...Kalo si koko ini lagi asik sama maenanya dia bisa legowo gitarnya dipinjam sama abang. bahkan pernah gitar ini dibawa pulang ke rumah tanpa sepengetahuan koko karna sewaktu mao pulang abang keukeh ga mao lepas gitarnya.

Entah ide cemerlang dari mana yang muncul dalam benaknya abang. setiap malam seblom tidur abang sering mainin gulingnya sebagai pengganti gitar. Abang pake guling yang panjang sementara bapak sama mama dikasih guling kecil buat gitar - gitaran he..he..he..

Meliat hasrat abang untuk bergitar akhirnya minggu kemaren mama beliin gitar okulele buat abang sama persis dengan punya viel...begitu ngeliat pulang pasar mama udah nenteng gitar wuih…abang langsung riang sambil berusaha ngeluarin gitarnya dari plastik pembungkus. Awalnya abang mainin gitar dengan cara gitar dipangku di pahanya sambil senar dipetik dengan jari…bunyi sih tapi cara megangnya sualahhh bang...tapi kalo lagi asik gitu jangan langsung dikasih tau karna bakal ga fokus anaknya…jadinya setelah udah puas maen baru denk dii liatin cara pegang gitar yang bener tuh kayak gini bang.

Keesokan harinya di kebaktian sekolah minggu Batita ada kakak sekolah minggu yang biasa ngiringi lagu pake gitar..abang sempat berdiri deketin kakak yang maen gitar sembari nyimak kale yah mungkin mikir2 juga mirip gitar yang dirumah tapi ukurannya gedean punya kakak ini.
 
Cara pegangnya sih udah cukup meyakinkan yah bang…
tinggal diatur posisi jari sama belajar chordnya aja

Kalo diliat sebenarnya jiwa seni dalam keluarga inti kami hampir tidak ada atau dengan kata lain agak minus kemampuan bermain musik...masak iya kecendrungan jiwa seni bapak tua ebi turun ke abang, buah jatuh terlempar jauh dari pohonnya denk kalo gtu wkwkw tapi siapa tahu Tuhan berkenan melalui caraNya yang dapat  memakai abang menjadi saluran berkat melalui lantunan nada musik yang abang mainkan...Amin

Jadi sudah nemu donk bakatnya abang??? tentu saja belum. Di usia abang seperti ini memang lagi senang-senangnya menikmati dan mencoba hal-hal baru untuk menjawab rasa penasaran dan keingintahuan dalam pikirannya. Sebagai orang tua sudah menjadi tanggung jawab kami untuk membantu agar bakat yang diberikan Tuhan untuk abang bisa di keluarkan dan dikembangkan dengan baik.

“Your talent is God's gift to you.
What you do with it is your gift back to God”

©11Sept2015

0 komentar:

Posting Komentar