Rabu, 05 Agustus 2015

Benaya 18th months...he’s not baby anymore

Sudah menginjak 18 bulan usianya di tanggal 29 Juli kemaren, lebih umum sih dibilangnya 1.5 tahun. Bukan bayi lagi tentunya tapi sudah anak kecil yang lebih dikenal dengan istilah toddler. Memang di rentang usia seperti ini merupakan masa lucu-lucunya abang sekaligus masa yang cukup menguras tenaga a.k.a melelahkan buat orang-orang sekitarnya. Setiap perkembangan abang dari bulan ke bulan merupakan tantangan baru buat bapak sama mama untuk berusaha semakin mengerti, memaklumi dan menyesuaikan dengan dunianya abang. Kadar esmosi bapak mama mesti makin turun biar setiap hari ga berakhir dengan drama jeritan atau tangisan setiap harinya…tingkat kesabaran mesti makin diasah biar makin tajam dalam kondisi yang kritis..oke??

Jumlah gigi abang sekarang sudah ada 10 gigi yang tersebar di 4 gigi seri tengah atas, 4 gigi seri tengah bawah ditambah 2 gigi geraham depan (kiri dan kanan) di rahang bawah. Kalo mata mama ga keder nih abisnya rada suzah minta abang buka mulut kalo ga ada pancingan makanan wkwkwk…bentar lagi menyusul gigi taring kiri rahang bawah soalnya sudah keliatan putih-putih di sekitar gusinya. Nafsu makan abang makin tinggi aja setiap hari pasti semua makanan pagi, siang sama sore plus cemilan buah ataw gorengan kentang / bakwan abis ludes, kalopun tersisa pastinya sesuap doank…untuk masalah makan ga susah buat abang, ini nih yang bikin mama makin semangat turun dapur subuh-subuh masakin abang, semoga saja sampai gede kayak gtu  yah bang!!


Ma..Ma.. seneng bercampur haru biru rasanya ketika dengar kata ini dengan jelas keluar dari mulut abang. Bahkan kalo manggil pun sudah langsung diikuti dengan gayanya minta gendong atau ada sesuatu yang dimaksud abang di tujukan ke mamanya. Manggil bapak dengan sebutan bang…hihihi ini karena pengaruh orang rumah termasuk mama juga yang biasa manggil abang ke bapaknya.

Keinginan abang untuk melakukan sesuatu dengan caranya sendiri semakin tinggi kalo keinginannya yang positif pasti diikuti tapi kadang  yang dilakukan cukup beresiko sehingga mesti pintar-pintar mengalihkan perhatiannya. Sekali waktu handphone bounya di-charge memang sih ngecharge-nya di tempat yang bisa abang jangkau, akhirnya dalam hitungan 123 langsung disamperin terus utak-atik handphonenya…bosen juga utak atiknya langsung dhe tangannya nyabut charge handphone yang posisinya terpasang ke listrik…*ngeliat sambil tarik napas panjanggg*.

Sudah bisa menyuapin makanan/buah dari sendok kedalam mulutnya. Dibantu sama mama yang ambil makanan dari mangkoknya terus abang yang suapin sendiri ke dalam mulutnya, abisnya kalo abang sendiri yang ambil dari mangkok ntar berantakan, yang terbuang justru lebih banyak daripada yang masuk ke mulut.

Hapal banget sama property nya sendiri, apalagi kalo terkait dengan kotak/box yang biasa diisi dengan snack ataw makanan..wedew biar kotaknya kosong tetap aja ngotot diambil dibuka ngecek dalemnya. Pernah suatu kali kotak Tupperware biru yang biasa dipake buat isi snacknya di pake sama bounya isi makanan yang lain dan disimpan di kulkas…saat ngeliat kotaknya di kulkas langsung nunjuk setengah maksa minta ambilin kotaknya. Mulai senang nyusun kotak/balok setelah disusun langsung deh di robohin sama anaknya.
Abang termasuk tipe penyayang binatang khususnya yang berbulu semisal anjing, kelinci, kucing. Biasanya binatang itu dibelai, digendong atau bahkan kalo lagi usil nih ditarik ekornya…alhasil kabur deh binatangnya.

Lagi senangnya nonton dari hp bapak. Sambil tanganya menggeser layer touchscreen nyari film kartun animasi yang disukai, kalo dah ketemu filmnya langsung deh melipat tangan dengan santai.  bang..bang macam orang gede aja kamu itu!! Setiap pulang kantor abang langsung nodong hp bapak sambil minta ditemanin nonton...nontonya juga mesti di pangku sama bapak… Alhasil tangan bapak pegel lho bang disuruh megangin hp terus *pake tongsis donk*.


Mulai menangkap perintah sederhana yang biasanya rutin disuruh ke abang, masukin pakaian kotor ke embernya, buang sampah ke tempat sampah, ambilin bantal di kamar, ngasih piring / gelas kotor ke mama / bou buat di cuci.


Diusia segini rasa percaya diri semakin meningkat apalagi kalo ada bapak sama mama di dekatnya..makin menjadi-jadi tingkah abang untuk menarik simpati dan perhatian...ngeliat bapaknya lagi makan di meja langsung di datangi berusaha naik ke kursi minta di pangku bapak. Ngeliat bapak sama mama udah pulang dari kantor abang rasanya bahagia kegirangan sambil teuteppp razia tas mama nyari aqua hihihihi.


Seneng banget abang kalo diajak bapak sama mama panasin timi...langsung nunjuk-nujuk keluar sambil pegangin kunci timi. Kalo mau ke parkiran timi selalu ngelewatin rumahnya memey, ditanyain ke abang mao main sama memey ato ke timi, anaknya maunya ke timi aja. Jalur dari rumah ke parkiran Timi sudah dihapal abang, makanya kalo dilepas dia jalan sendiri bisa tuh anaknya berjalan sendiri nyampe ke parkiran.

Selamat ulang bulan abang Beben...

Doa kami selalu untukmu, setiap hari... setiap saat... supaya abang senantiasa dalam lindungan Tuhan, sehat, bertumbuh menjadi anak yang takut akan Tuhan dan dengar-dengaran pada bapak & mama 

©5Agst2015

0 komentar:

Posting Komentar