Rabu, 08 Juli 2015

WeekEnd di Bulan Puasa 2015 [week 3]

Masih dengan agenda walking-walking dalam rangka mengisi weekend di bulan puasa, yang kali ini sudah memasuki pekan ke 3. Waktu ga terasa cepat sekali berlalu, apalagi kalo diisi dengan kegiatan yang bisa dinikmati bersama dengan keluarga. 
Mau dibawa jalan kemana nih abang? Hi..hi..hi.. mulai pusing nyari tempat rekreasi  yang sesuai dengan kebutuhan abang yang masih batita ini. Tempat rekreasi indoor atau outdoor memang banyak tak harus pergi jauh, tapi belum tentu semuanya menyenangkan dan menjadi pengalaman pertama yang meninggalkan kesan buat jagoan kecil kami.

Walaupun Jumat seharian bapak & mama dilanda rasa bingung nyari tempat rekreasinya tapi teutep donk walking-walking mesti ada. Mumpung situasi jalanan dan tempat rekreasi masih lumayan sepi, bisa berlama-lama kita nikmati suasananya tanpa perlu bermacet-macetan dijalan atau berdiri dalam antrian tiket yang panjangggg dan luamaaaa….browsing2 nyari referensi, pikir-pikir muter otak, nimbang sana sini akhirnya ketemu denk tempat yang akan dikunjungi yaitu tereng..tereng… Taman Mini (TMII).


TMII merupakan taman wisata budaya Indonesia yang terletak di Jakarta Timur. Taman ini merupakan rangkuman kebudayaan bangsa Indonesia, yang mencakup berbagai aspek kehidupan sehari-hari masyarakat 26 provinsi Indonesia (pada tahun 1975) yang ditampilkan dalam anjungan daerah berarsitektur tradisional, serta menampilkan aneka busana, tarian, dan tradisi daerah. Di samping itu, di tengah-tengah TMII terdapat sebuah danau yang menggambarkan miniatur kepulauan Indonesia di tengahnya, kereta gantung, berbagai museum, dan Teater IMAX Keong Mas dan Teater Tanah Airku), berbagai sarana rekreasi ini menjadikan TMIII sebagai salah satu kawasan wisata terkemuka di ibu kota. TMII dibangun tahun  1972 dan diresmikan pada tanggal 20 April 1975.
sumber : https://id.wikipedia.org/wiki/Taman_Mini_Indonesia_Indah 

Rencana nih kite perginya rame-rame sama rombongan koko viel, tapi karna opungnya lagi ada kesibukan makanya kali ini absent dulu mereka, rombongan oge juga ga bisa ikutan karna bundanya mesti ngurusin abang niko masuk sekolah. Jadi kesimpulannya yang pergi rombongan abang aja…oke lha klo begitu karna hanya bertiga doank waktu berangkatnya  fleksibel asalkan jangan terlalu siang jalannya nanti nyampe sana beberapa tempat sudah keburu ditutup.

Untuk ke TMII berangkatnya di hari Minggu setelah abang pulang dari Sunday School. Bapak dan mama kebetulan sudah ambil bagian dalam kebaktian subuh. Niatnya setelah pulang dari Sunday School abang bisa boboan dulu supaya disana ga pake acara ngantuk. Abang juga dah punya feeling kale bakal diajak jalan, makanya di tempat tidurpun anaknya keliatan gelisah ampe ga mao tidur. Yah sudah kalo ga mao tidor abang kite jalan aja sekarang ….yuk 

Start dari rumah jam stenga 12 setelah semuanya siap...perginya juga sudah fixed formasi bertiga abang, bapak dan mama. Di tengah perjalanan anaknya sudah memberikan signal-signal kantuk, akhirnya sembari nyender di bantal nyari posisi yang enak, berapa lama kemudian langsung deh terlelap dalam dunia mimpinya.

Begitu masuk area TMII abang langsung terbangun tau aja nih kalo dah nyampe bang :) kami langsung mengunjungi  istana anak. Teringat 20an tahun yang lalu mama masih kecil SD musim liburan sekolah ke Jakarta diajak sama om/tante adiknya opa jalan-jalan ke tempat ini…dulu pas datang mama masih kecil sekarang datang lagi udah bawa anak kecil hi…hi…. Istana Anak ini konstruksinya mirip dengan Cinderella’s Castle Walt Disney. Tiket masuknya cuman Rp 10.000 / org, karna abang usianya terhitung dibawah 3 tahun jadi gratis tiket masuk.

Dalam istana anak ini terdapat beberapa wahana dimana untuk masuk setiap wahana harus membeli tiket lagi. Begitu masuk ke istana anak dilantai dasar ada semacam museum yang menampilkan sekumpulan koleksi wayang dan alat musik tradisional.


Abang bermain sepuasnya di arena permainan anak malahan bapak juga ikutan main bareng abang. Fasilitas permainan di arena bermain ini free tidak dipungut biaya. Karena dibuatnya sudah lama terlihat beberapa permainan catnya sudah terkelupas, besinya karatan dan seperti tidak terurus lagi. Menurut mama sebenarnya tempat ini  kurang menarik lagi, memang sih dibangunnya sudah cukup lama unsur estetika bahkan ga terlihat lagi. Perlu adanya perbaikan dan perawatan secara berkala setiap fasilitas dan  wahana yang terdapat dalam istana ini.

 Sang Guru nemenin murid bermain di playground hi…hi…

Salah satu wahana yang kami naik adalah kereta kelinci, harga tiketnya juga cuman Rp. 10.000/orang abang juga masih dihitung free. Kereta ini membawa kami berputar-putar kira-kira 10 menitan mengelilingi area ini. Abang senang bekeliling dengan kereta bahkan kalo disuruh dadain bang...langsung deh anaknya melambaikan tangan sambil bersuara lantang da…abang penasaran melihat kereta gantung yang beragam warna bolak balik di atas keseringan banget nengok ke atas sampai kereta gantung hilang dari pandangannya. Mao naik kereta gantung tapi Bapak khawatir kalo sampe abang ga betah berlama-lama diatas. Ribet nanti urusannya hi..hi…




Semenjak pulang rekreasi dari kebun binatang Ragunan abang serasa familiar dengan  gajah walaupun hewan yang satu ini blom pernah disentuh abang kayak gogok. Kebetulan disamping istana anak ada patung gajah ..langsung denk abang digiring bapak photo di patung ini. Abang kelihatan riang bisa foto sama gajah apalagi pas dinaikin bapak di belalainya…padahal ini cuman patung lho ban gimana kalo naik gajah  beneran yah??




Selesai  foto-foto kami meninggalkan istana anak dan mampir sebentar di anjungan provinsi Sulawesi Utara - Manado.  Kota yang masih sangat kental pake banget di hati mama, tempat yang penuh dengan nostalgia yang tidak akan pernah terlupakan sepanjang masa. Walopun sudah hampir 10 tahun mama meninggalkan kota ini hiks...hiks... di pintu masuk anjungan ini terpasang burung hantu (yang lebih dikenal sebagai burung manguni) yang melambangkan kekuatan dan keberanian. Terpasang di pintu masuk juga semboyan ”Sitou Timou Tumou Tou” yang artinya ”orang hidup untuk menghidupkan orang lain” wow...dalem bukan makna pesannya bang?? Suatu semboyan dari seorang pahlawan Sam Ratulangi yang lahir di tanah Manado. Suatu saat nanti abang mesti belajar menyebutkan semboyan ini terlebih penting harus dapat mempraktekannya.

Di anjungan ini mama hanya sebentar saja numpang foto sama abang di pintu masuk ga sempat masuk ke dalam anjungan bawa abang. Next time yah kalo abang sudah bisa mengerti kita berkunjung sini lagi mama siap jelasin satu persatu kebudayaan Manado. Sebelumnya juga mama sudah pernah masuk kedalam anjungan ini sewaktu ada keluarga yang dari Manado main ke Jakarta dan dibawa jalan-jalan ke TMII.

 Viewnya kurang bapak...Burung Hantu yang ada di atas ga keliatan

Waktu berkunjung thn 2012 sama tante nova,  tante grace, dan tesa @anjungan Sulut - TMII

Sehabis dari anjungan Sulawei Utara kita berpindah ke bagian Utara yang satunya lagi provinsi Sumatera Utara ... sungkem ke rumah opung dulu bang.



 Ada 4 bangunan rumah adat di area ini yaitu : Batak Toba, Nias, Batak Karo dan Simalungun. Yang sempat dimasuki sampe kedalam adalah rumah ada batak toba. Rumah adat Toba ini identik dengan ukiran – ukiran berwarnah merah, hitam di bagian atas ada tulisan ”HORAS”. Masuk kedalam di lantai atas menampilkan adat istiadat budaya batak, mulai dari pakaian kebesaran yang digunakan saat upacara adat, keris-keris perlengkapan upacara adat  dan alat musik tradisional batak (gondang dll).


Selesai di rumah adat toba berpindah ke rumah adat Nias bentuknya paling kecil dibandingkan dengan yang lainnya. Bapak sama abang numpang foto sebentar saja di depan pintu..ga sempat masuk kedalam.


Bang...bang... batunya di lompatin donk bukannya di dudukin hi..hi..hi... 

Waktu sudah makin sore ga terasa  bentar lagi lokasi ini akan ditutup bersiap pulang yuk bang... kapan-kapan kita akan ke sini lagi buat abang belajar budaya dan adat istiadat negeri ini (khususnya kebudayaan Sulut & Sumut). Sekalian juga ngajak abang naik kereta gantung... pasti seru rasanya nikmatin pemandangan dari ketinggian.

Berhubung kita perginya cuman bertiga dan ga ada istilahnya bawa tongsis,  jadinya yang photoin mesti berganti-gantian kalo ga mama yah bapak...abang?? tetap jadi modelnya. Kebetulan aja ada juru foto yang nawarin foto langsung cetak murah lagi cuman Rp 10.000 langsung deh kita bertiga pasang gaya....jepret....cetak.

 Family Time is the Best Time

©09Jul2015

0 komentar:

Posting Komentar