Selasa, 12 Mei 2015

DUNIA BERMAIN #Benaya#

Dunia yang paling dekat dengan anak-anak tidak lain dan tidak bukan adalah dunia bermain. Setujukan?? Ya eyalha setuju, mana mungkin sih anak kecil, batita pula seneng ineternatan, facebookan, twiteran, WhatsAppan… yang kayak itu sih kesenangannya orang gede hi..hi..*colek sambil pelototin bapak beben*

Menurut Kak Seto Mulyadi di edukasi.kompasiana.com dunia bermain anak nih merupakan dunia yang penuh semangat apabila terkait dengan suasana yang menyenangkan. Jadi ketika orang tua ingin mengembangkan kecerdasan anak-anaknya maka bimbingan dan pedidikan yang akan diberikan kepada anak hendaknya selaras dengan hal yang merik perhatian dan menyenangkan.

Kegiatan bermain seolah melekat secara alami dalam diri setiap anak dan menjadi satu kesatuan yang serta merta berjalan, dan tentu lebih didorong oleh kebutuhan untuk mendapatkan suasana menyenangkan hati. Tidaklha seperti berjalan, berbicara, membaca yang membutuhkan bantuan orang lain untuk mengajarkannya. Untuk bisa bermain anak tidak memerlukan orang lain untuk mengajarinya
Dunia bermain yang mewarnai proses belajar dan tumbuh kembang jagoan kecil kami Benaya Parulian Simanjuntak sudah dimulai sejak dia lahir… of course, karena itu sudah secara alami tercipta dalam diri setiap anak.
Walaupun ditampilkan hanya terbatas pada tulisan dan gambar tapi begitu sayang untuk dilewatkan…Inilah Dunianya !!

Dunia Bermain Benaya usia 0 ~ 6 Bulan


Kegiatan bermain ternyata bisa dilakukan sendirian saja ataupun dengan melibatkan orang ataupun benda lain disekitarnya. Dalam usia yang masih terhitung awal ini ternyata aspek fisik dan motorik (kemampuan gerak kasar dan halus) akan lebih dominan terlihat. Gerakan-gerakan yang membuat dia senang akan terus diulang. Maenan yang warnahnya ngejrenk akan menarik perhatiannya.

Benaya usia 6 ~ 9 Bulan

Di rentang usia ini tanda-tanda pertumbuhan gigi sih abang kecil sudah mulai terlihat. Aneka jenis teether jadi pilihan yang aman untuk menemaninya bermain.

 

Benaya usia 9 ~ 12 Bulan

 

Benaya usia 12 bulan ~ sekarang (almost 14 months)

Pada rentang usia segini motorik kasarnya keliatan sudah semakin sempurna. Beben mulai mengenal dan bersosialisasi dengan lingkungan sekelilingnya. dunia bermainnya lebih kepada kegiataan orang lain yang sering dia liat kemudian ditiru dengan caranya sendiri. Bermain di ruang terbuka menjadi sesuatu yang istimewa buatnya.

 

0 komentar:

Posting Komentar