Kamis, 16 April 2015

BENAYA’S MILESTONE

Melihat tumbuh kembang bayi dari bulan ke bulan yang berlangsung sangat cepat adalah suatu keajaiban bagi para orang tua. Awal kehidupanya yang dimulai dari janin dalam rahim ibu, lahir menjadi bayi mungil yang belum bisa apa-apa dan masih sangat bergantung pada orang-orang sekitarnya, sampai menjadi bayi yang sudah mulai belajar berjalan. Itu semua hanya membutuhkan waktu 9M+12M (baca M : month). 
Sangat cepat bukan?? Apa saja fase perkembangan bayi sejak lahir sampai dengan12M??

Terkait dengan fase perkembangan bayi, kita akan mengenal yang namanya milestone.
Milestone merupakan tingkat perkembangan yang harus dicapai bayi pada suatu usia tertentu. Dengan mengetahui milestone, orang tua dapat memantau sejauh mana perkembangan anaknya, apakah masih dalam batas normal ataukah terlambat.  Tapi satu hal yang harus diingat oleh para orang tua bahwa setiap bayi adalah unik dan akan mencapai perkembangan mengikuti masa dan waktu mereka sendiri. Semua milestone dibawah ini hanya sebagai panduan mengenai kemampuan tumbuh kembang yang boleh dicapai oleh bayi kita – jika tidak sekarang, mungkin tidak lama lagi.

Milestone yang dapat diamati pada bayi di usia tertentu :


Benaya”s milestone ( 0 ~ 10 Month)


Special NOTE About Benaya’s Milestone

Belajar Tengkurap 3.5 Bulan
Saat berusia 3.5 bulan di sekitar kepala Beben muncul sekumpulan nanah atau yang lebih dikenal dengan bisul. Memang bisulnya sih tidak banyak tapi lumayan gede dan karena letaknya dibagian belakang kepala jadinya cukup mengganggu saat mau menyusui ataupun tidur. Bawaannya saat itu jadi agak rewel soalnya kalo kesentuh gitu wuihh sakitnya. Langsung dianter ke dokter SP.KK yang dekat dengan rumah dan setelah diberikan obat salep, Puji Tuhan bisulnya pelan-pelan mulai kering... 
Btw jaka sembung maen golok nih alias  koq ga nyambung sama judulnya nih he..he...he...

Balik lagi tentang bisul yah :) :) :) sih bisul ini cukup membuat Beben terganggu dan tidak merasa nyaman saat tidur, karena posisi tidurnya saat itu masih terbiasa dengan terlentang, walaupun pernah memang sekali sekali mencoba tidur dengan posisi miring 
Nah malam itu sebenanrnya niat Beben hanya sekedar iseng aja untuk mulai mencoba memiringkan badan ke kanan untuk mencari posisi tidur yang lebih enak agar bisul tidak bersentuhan dengan bantal. Pelan tapi pasti Beben mencoba memiringkan badan ke samping kanan terus..dan terus... sambil mencoba terus membalikan tubuh dengan posisi perut berada dibawah sebagai tumpuan, Yes Tengkurap akhirnya beben malam itu sudah dapat tengkurap walaupun belum begitu sempurna

Ha..ha..ternyata derita bisul yang dialami selama semingguan membuat Beben bisa tengkurap dan menemukan posisi yang nyaman buat tidur   

Dari beberapa sumber yang cukup terpercaya menyatakan beberapa manfaat untuk bayi dalam posisi tengkurap :
  • Bayi yang sering tengkurap katanya nih memiliki kemampuan motorik (tumbuh kembang gerak) yang lebih cepat.
  • Dengan posisi tengkurap,  fungsi tubuh bagian atas dan bawah akan maksimal, karena saat bayi dalam posisi ini akan belajar untuk mengkoordinasikan gerak tubuhnya sehingga mampu menggunakan telapak tangan ketika bertumpu.
  • Posisi tengkurap dapat mengurangi tekanan pada bagian kepala, sehingga mencegah kepala menjadi peang
  • Tengkurap dpat mempercepat kemampuan bayi untuk mengangkat pantat, berguling hingga duduk

Bersuara
Bersuara merupakan suatu bentuk ekspresi yang dirasakan dari dalam hati dan diungkapkan melalui bunyi atau suara, Suara yang dikeluarkan bisa saja merupakan respon terhadap emosi yang dirasakan saat itu. Suara ada juga dalam bentuk nada tinggi penuh kegirangan ketika berhasil meraih sesuatu yang diinginkan.

Bersuara tanpa makna alias ga..je..bo..(ga jelas bo..) sudah mulai terdengar saat Beben berusia 3 bulan, bunyi lafal yang terdengar kurang lebih a..e..a..e..au..au.. ocehan yang tidak jelas. Ocehan seperti ini beberapa kali terdengar saat Beben menyusui, Walaupun tidak jelas ocehannya bapak sama mama pasti senang kalo dengar ocehan seperti itu :) :)  

Menginjak usia yang hampir 6 bulan perbendaharan kata yang mulai bisa terucap adalah ”Ga” yah kata ini lha yang di ungkapkan oleh Beben, entah awalnya mengerti atau tidak maknanya, mungkin hanya asal bunyi saja karena rasanya mudah untuk mengucapkannya tanpa mengerti maknanya apa-apa.
Tapi terkadang yah kalo Beben lagi memegang handphone, tempat bedak atau apapun itu kemudian dengan sengaja barang diambil sama siapa aja langsung deh dengan nada tinggi dan tampang sewot Beben mengeluarkan suara ”Ga” kadang dilengkapi dengan ”ga ah”.

Pertumbuhan Gigi
Setiap bayi memiliki masa pertumbuhan dan perkembangan yang berbeda – beda, termasuk dalamnya pertumbuhan gigi. 
Pertumbuhan gigi Beben dimulai saat berusia 8 bulan, gigi pertama yang tumbuh adalah dua gigi seri bawah tengah. Saat dimana giginya mulai tumbuh terlihat secara refleks Beben suka banget untuk menggigiti benda benda yang dipegangnya, apalagi yang tekstrurnya lembut. Mama Beben memang sudah menyiapkan beberapa teether pigeon buat digigit untuk mengurangi rasa nyeri ataupun gatal disekitaran gusi, awalnya Beben begitu bersemangat dengan teether ini kemana-mana selalu dibawa tapi lama-lama rasanya bosan juga. Mama dan pengasuh langsung siaga 1 ketika melihat Beben sudah memegang benda dan mengambil ancang-ancang memasukan ke mulut he..he...
Puji Tuhan pertumbuhan gigi Beben saat itu tidak sampai menimbulkan demam sehingga semuanya berjalan seperti biasa saja.
Memasuki bulan ke 9 terlihat bermunculan lagi 2 gigi seri atas tengah walaupun munculnya tidak bersamaan tapi pasti makin seru nih karena aku sudah mulai bisa menguyah setiap makanan yang masuk ke mulut.

0 komentar:

Posting Komentar