Selasa, 26 Juli 2016

WELCOME TO BALITA A CLASS (SUNDAY SCHOOL)

Hari Minggu kemaren merupakan tahun pelayanan baru untuk para kakak pembina sekolah minggu, yang mana diikuti dengan kenaikan kelas anak-anak sekolah minggu...memang tidak semua anak yang naik kelas tergantung kategori kelas yang tersedia kecuali untuk kelas 1 sampai dengan praja setiap tahun akan ada kenaikan kelasnya. Sementara untuk batita dapat naik ke kelas balita jika usianya sudah 3 tahun keatas, kalo masih dibawah itu usianya masih tetap masuk member batita, hanya kakak pembina saja yang akan berganti.

Yang bikin sedikit galau pikiran para bu ibu adalah untuk anak-anak mereka yang masuk usia tanggung batita, maksudnya usia tanggung adalah anak-anak yang 2 -3 bulan kedepan sudah genap 3 tahun. Mao tetap di batita yah mbo ntar cuman beberapa bulan doank disitu, diikuti naik kelas ke balita usianya masih dibawah 3 tahun nunggu setahun lagi baru ada kenaikan kelas secara resmi.


Termasuk dengan abang yang mana pada kenaikan kelas tahun ini usianya masih 2.6 tahun kurang. Kalo liat usianya bukan usia tanggung lagi sih, tapi emang masih agak jauh juga, masih ada 6 bulan lagi baru genap 3 tahun. seperti yang pernah diceritain disini ada ibu yang sempat tanyain kalo abang mau naik kelas atau masih di kelas batita, seingat ibu itu usianya abang masih 2 tahunan...mama juga waktu ditanya ngejawabnya santai ’blom tau bu, liat adja ntar minggu depan”

Di rumah pun bapak mama sempat bahas tentang kelasnya abang, intinya masih bingung juga masih di batita atau ke balita A. Kebingungan ini masih berlanjut sampe di hari Minggu pas mau turun dari mobil nganter abang ke sunday school.  Akhirnya saat pintu mobil dibuka barulah bapak dapat ilham nyaranin abang kelas batita aja sambil liat kondisinya nanti. Yah sudah gak masalah,  sambil mama gendong abang langkah dipercepat karna udah jam 9 lewat pasti kelasnya udah pada dimulai.

Ternyata letak kelas batita sama balita A tetanggaan dan ketika mama ada udah di depan pintu masuk kelas batita tiba-tiba seorang bapak yang anaknya teman sekelas abang langsung nunjuk sembari ngarahin mama dan abang ke kelas sebelahnya, yakni kelas balita A. Langsung donk mama anter abang masuk ke kelas itu.  Isi kelasnya tidak  begitu ramai, anak-anak balita A ini kalo diliat postur tubuhnya abaikan batasan umur keliatan sepantaran abang hi..hi.. spertinya cucok deh abang di kelas ini. Ditambah lagi di kelas itu ada jeslin suit..suit..makin cemangat deh abang ikutan sekolah minggunya.

Di kelas balita A ini jumlah anak tidak terlalu banyak pendamping yang ikutan semakin berkurang karna anaknya sudah bisa ditinggal,  palingan orang tuanya cuman ngintip di kaca ngeliat anaknya dari luar. Perbedaan yang lumayan drastis bila dibandingkan sama kelas batita yang jumlah anak sekitar 50an ditambah lagi kalo dalam ruangan bersama pendamping jadi memang ramai kelasnya

Selama di kelas balita A ini abang begitu bersemangat, ikutan nyanyi dengan gerakan sambil bertepuk tangan..bahkan sekali kali ada lagu  riang dia tepuk tangannya sambil lompat lho hihi sayang banget gayanya ini ga di photo, bapak nya yang biasa jadi fotografer nunggu diluar sambil ngitip dari kaca...dalam kelas pun abang rada anteng, aktivitas panjat memanjat dan lari-larian hanya sekali-sekali adja dan ketika dilarang anaknya juga nurut makanya energi mama ga terlalu banyak terkuras disini hi..hi.. ada saat dimana abang sedikit cari perhatian ke Jeslin sambil anaknya bolak-balik di depan, samping dan belakang walopun di cuekin sama Jeslin tapi yah teutep aja ga ngaruh buat abang.

Hal lain yang sedikit aneh bin  ajaib  ketika diluar kelas terjadi percakapan dari 2 orang ibu yang anaknya sekelas sama abang di Balita A... tanpa disadari oleh mereka kalo bapak ada persisi disamping mereka dan tentu saja jadi saksi hidup percakapan bu ibu ini. Kalo dari versinya bapak nih yah, percakapan mereka itu kurang lebihnya begini :

Ibu 1         :  Koq Benaya masuk kelas balita sih kan usianya masih 2 tahun
                    (dengan nada agak sinis)
Ibu 2          :  Kemaren sama bapaknya masuk batita sekarang sama mamanya dibawa ke sini,
                    Ga ditanyain tuh umurnya berapa sama kakak
Bapak       :  Ntar kalo gimana-gimana balik lagi ke kelas batita, sekolah minggu ini
Ibu 1 & 2  : (rada kaget karna ga nyangka ada bapak disitu)

Dalam kelaspun mama ketemu sama ibu yang minggu sebelumnya sempat nanya kelas abang, anaknya juga masih 2 tahun 8 bulan dan udah masuk kelas balita A bareng abang..tanya sih ibu itu : Benaya udah di kelas sini? Mama : ada temenya sih Jeslin disini, nanya balik lagi donk ”sih daren dikelas sini juga? Ibu : iya, biar bisa mandiri...dalam hati mama nah lhooo, anak situ doank mang yang pingin mandiri dan berkembang sini juga sama alasanya. Lebih baek ga perlu basa basi ina ini itu denk sama-sama toh pingin yang terbaik buat anaknya, kalo anaknya bisa ngikutin dengan baik di kelas sini dan relatif lebih anteng, tenang yah mbo apa salahnya kan yah.

Pengalaman dan kesan pertama nemenin abang dikelas balita A membuat bapak mama memutuskan bahwa untuk seterusnya abang akan mengikuti Sunday school di kelas sini, titik. Ga peduli dengan omongan sinis atau apalah itu  yang sebenarnya ga ada kepentingan dan dampak apa-apa sama kite...buang-buang energi aja kalo nanggapin dan ngikutin komen-komen yang ga membangun gitu.

Di sisi lain kalo dipikir-pikir dengan adanya reaksi bu ibu ini sebenarnya membuat bapak mama sedikit kagum juga, kenapa? Itu berarti selama di kelas batita tingkah, gaya, gerak gerik,keberanian ampe keheboan abang memberikan kesan tertentu membekas  di pikiran dan hati mereka, jadinya yah itu abang selalu diingat mereka. Walaupun abang juga belum banyak bergaul dan maen sama anak-anak yang lain. 

Selamat buat abang yang udah naik kelas balita A di Sunday School,
Semoga makin happy, bersemangat, dan lebih bisa mengikuti kebaktian dengan tenang.
berada bersama anak-anak yang sepantaran abang kiranya membuat abang belajar banyak 
dari kemandirian dan perkembangan mereka.

©27Juli2016

0 komentar:

Posting Komentar