Selasa, 21 Juni 2016

SIL BATITA – BALITA 2016

Sekolah Injil Liburan atau yang lebih dikenal dikalangan sekolah minggu GKI Agus Salim adalah SIL, merupakan salah satu program pelayanan yang dilaksanakan pada moment liburan sekolahan anak. Mulai dari kelas batita sampai dengan praja (pra remaja) di hari Minggu 19 Juni kemaren serentak ngerayain SIL. Seperti biasa jika ada event khusus seperti ini, kelas batita~balita di gabung pelaksanaannya di aula. Acara SIL tahun ini mengangkat tema God Bless You – Tuhan Memberkati Engkau.

Karna hari Minggu sebelumnya abang kebetulan tidak mengikuti sekolah minggu disini, makanya kegiatan SIL ini baru diketahui begitu masuk ke dalam ruangan dan melihat tulisan dalam slide projector ”Welcome Sekolah Injil Liburan - God Bless You”...barulha ngeh oh jadi ada perayaan SIL ternyata, makanya isi kelas keliatan ramai dan digabung dengan kelas balita. Untuk anak batita bersama dengan pendampingnya, sementara kelas balita sebagian besar anak sudah bisa ditinggal sendiri tanpa pendamping.

Begitu masuk ruangan abang langsung dipasangin pita merah sama kakak sekolah minggu...yang mana pita ini akan menjadi tanda untuk pembagian kelompok permainan setelah kebaktian selesai.


Tampang abang yang rada bete karna dilarang lari-larian..wong lagian kebaktian bang,
jangan maen dulu yah !!

Kakak mc yang bawain acara cukup atraktif  serta komunikatif, kalo anak balita sih kebanyakan sudah mengerti makanya bisa ngikutin instruksinya dengan benar. Bahkan ada beberapa games yang bisa dijawab sama anak-anak. Supaya makin semangat kakak mc nya juga skalian bagi2 hadiah buat para pemenang games. Anak-anak kelihatan senang, yah walopun ada beberapa anak yang ga fokus dan lari-larian kesana kemari, bolak balik termasuk abang, hiks..hiks...keterlibatan dalam acara ini tidak hanya anak-anak saja, tapi para orang tua (dalam hal ini para mama-mama hehehe) diminta mc untuk nyanyi pake gerakan lagu kebangsaan  batita balita yakni happy ya..ya happy ye..ye.. plus gerakan.



Tampil nyanyi bersama dengan anak2 Balita

Kakak sekolah minggu membawakan cerita tentang Musa yang diberkati Tuhan sehingga punya kekuatan, keberanian dan kemampuan untuk membawa bangsa Israel keluar dari tanah perbudakan di Mesir. Suatu ketika Musa menggembalakan kambing domba milik mertuanya Yitro, ke seberang padang gurun sampai ke gunung Horeb. Tiba-tiba ada malaikat Tuhan yang datang menampakan diri dalam bentuk nyala api dari semak duri, walopun ada nyala api tapi semak duri tersebut sama sekali tidak terbakar. Muncul rasa penasaran dari Musa untuk datang mendekati nyala api itu, tiba-tiba Tuhan menegurnya supaya jangan mendekati tempat tersebut karena itu tempat yang kudus. Selanjutnya Tuhan berfirman kepada Musa untuk membawa keluar orang-orang Israel yang saat itu sedang hidup dalam penindasan oleh bangsa Mesir. Mendengar itu Musa langsung merasa kalau dia bukan siapa-siapa, tidak mampu dan tidak percaya diri untuk melawan raja Mesir Firaun dan para tentaranya. Tuhan menguatkan dan meneguhkan Musa bahwa nanti Tuhan sendirilha yang akan memimpin dan menyertainya untuk membawa pergi bangsa Israel dari tanah Mesir. Musa akhirnya pulang dengan penuh sukacita karna perjumpaannya dengan Tuhan dan melakukan seperti yang Tuhan perintahkan kepadanya.

Kalau Tuhan, Allah Abraham Ishak dan Yakub yang memberkati Musa sehingga bisa membebaskan bangsa Israel dari tanah Mesir, maka Tuhan yang sama juga akan memberkati kita semua untuk kuat, berani dan mampu melewati kehidupan ini. Selain itu, Tuhan memberkati kita juga melalui kesehatan, makanan & minuman, sekolah, kasih sayang orang tua, teman-teman dan lain-lain yang masih banyak juga.

Selesai bercerita kakak sekolah minggu memberikan pertanyaan kepada anak2 dan yang bisa ngejawab diberikan hadiah juga...selain anak-anak ada juga pertanyaan untuk para orang tua, yang mana pertanyaannya adalah siapa isteri dari Musa? Dan yang bisa ngejawab akan mendapat hadiah juga donk...Mama yang tau persis jawaban dari pertanyaan itu buru-buru tunjuk tangan dan langsung diberi kesempatan mc untuk ngejawab dan mama jawab ”Zipora” dan jawabanya betul..horeeee dapat hadiah susu kotak yang mana sudah tentu hadiahnya langsung dikasih ke abang.


Selanjutnya anak-anak langsung dipisah kelas karna ada permainan yang disiapkan sesuai dengan kategori kelasnya. Abang bersama anak2 batita lainnya digiring ke bagian belakang aula untuk permainan bola.. jadi untuk anak batita, pembagian kelompoknya berdasarkan warna pita yang dipasang di tangan masing-masing anak. Dan terbentuk lha 4 kelompok, yakni kelompok merah, biru, orang dan hijau. Abang sendiri tergabung dalam kelompok merah.

Nah untuk aturan mainnya adalah setiap kelompok harus memasukan sebanyak – banyaknya bola ke ember yang sudah dipasang labesesuai dengan kelompoknya. Jadi untuk abang, yang tergabung di kelompok merah harus mencari sebanyak-banyaknya bola warna merah dan dimasukan dalam ember yang diberi label merah.

Seblom games dimulai..anak-anak sudah semangat tinggi ngerumunin dus bola, ada yang mulai ambil bola, ambil ember ditenteng kesana sini..sampe kakak2nya juga ikutan rempong buat mengatasinya, ada juga anak yang sampe nangis karna belum kebagian bola padahal permainanya blom dimulai hi..hi...

Begitu dengar aba2 mulai, langsung anak-anak berlomba-lomba ambil bola sebanyak-banyaknya dan masukin ke dalam ember..kebanyakan anak2 ngambilnya 2 bola 1 ditangan kanan dan 1 di tangan kiri...begitu seru keliatannya karna semua pada berebutan untuk ambil dan masukin ke dalam ember.. yah walopun masukin ke embernya masih asal-asalan belum sesuai dengan warnanya tapi mereka keliatan begitu senang dan menikmati. Pemenangnya adalah kelompok biru dengan memasukan 27 bola, sementara untuk kelompok abang juara 2 dengan memasukan 21 bola.




Kalo anak-anak lain pada ngambil 1 atau 2 bola,
tapi sih abang ngambilnya dengan cara diraup gtu bolanya hi..hi...

Setelah permainan ini selesai kakak sekolah minggu menutup acara SIL dengan doa pulang dan selanjutnya pembagian goodybag. Setiap tahun acara SIL diadakan, kalo tahun lalu SIL dilakukan dalam bentuk aktivitas merangkai parcel yang dilaksanain di lapangan penabur, dimana nanti parcel tersebut dibagikan ke security, penjaga gereja dan lain-lain yang membutuhkan. Apapun bentuk kegiatan yang dirancang di sekolah minggu ini kiranya menjadi berkat buat anak-anak dan orang lain yang membutuhkan.

©21Juni2016

0 komentar:

Posting Komentar