Minggu, 01 November 2015

BENAYA 21th MONTHS...What he can do now

No one knows what he can do until he tries ~ Publilius Syrus

Abang semakin bertumbuh besar, semakin banyak hal di sekeliling yang mengundang rasa penasaran serta keingintahuan dari dirinya. tidak hanya sekedar melihat atau mengamati begitu saja melainkan mulai  berusaha mencoba meraih dan menggapai sesuatu dengan caranya sendiri. Terkecuali usahanya sudah mentok sementara yang diinginkan belum tercapai barulah abang send help a.k.a minta tolong orang sekitarnya…yang penting usaha dulu yaks bang. Proses seperti ini bisa dibilang langkah awal pembentukan kemandirian dalam diri abang, dengan mulai melepas rasa ketergantungan kepada orang lain…*analisa sotoy mama* 

Man-teman sekarang saya sudah 21 bulan,
banyak yang ngeliat saya dan berpikir kalo usia saya sudah 2 tahunan he...he...

Masih aktif bergerak, melompat, memanjat, naik turun tangga. Bahkan pernah di sekolah minggu selesai kebaktian abang berhasil menyelesaikan perjalanan naik anak tangga sampai lantai paling atas, untungnya gedung itu cuman ada 3 lantai, alhasil lutut dan pergelangan kaki mama yang waktu itu nemenin abang mendadak cenat cenut, pegal pegel sambil keringat bercucuran. Abisnya abang turun naiknya tangganya ga puas kalo sekali saja tapi berkali-kali, cihuy ga tuh?? Kalo kayak gini tinggal pilih aja mao lihat dari sisi bahagianya atau sisi capenya...

Nyanyi di sekolah minggu makin semangat,
apalagi kalo dah megang biscuit boromon - Monde

Sebenarnya perbendaharaan kata yang dikuasai abang sudah cukup banyak, kalopun tidak terungkap tapi setidaknya tersimpan dalam memorinya, nunjuk2 anggota tubuhnya udah bener, diajak ngobrol juga mulai connect. kalo denger abang ngomong kitanya jadi bertanya-tanya udah ngerti yah ternyata nih anak.. sekali waktu abang ngeliat jajanan gerobak burger berhenti depan rumah kebetulan anak tetanggal mao beli,  langsung denk abang manggil pung..pung bu..bu yi.yi.. maksudnya opung minta duit seribu mao beli burger hihihihi. Beberapa tetangga yang familiar denganya sudah dihapal namanya dan kalo denger abang manggil bikin ngakak, wong dipanggil langsung nama orangnya ga pake pak pa..bu..mas…mba..om..tante..huehehehe. 

Bersemangat untuk mendengar serta menjalankan perintah yang sederhana, seperti : ambilin bantal dari kamar, nyariin tutup botol yang terselip, ambilin sapu di dapur skalian inisiatif ikutan ngebantuin nyapu lho abang. Terkadang dengan ketidaktahuan dan kepolosan tingkahnya pemborosan terjadi dalam rumah. Abang memasukan sikat gigi bapak ke dalam galon aqua yang dimana plastik penutup galon sudah terbuka tapi belum sempat dituang ke dispenser, akhirnya air aqua yang masih ½ gallon itu dibuang.  Bukan hanya itu saja air isi ulang di galon dimasukin tisu basah sama abang, mendadak yang minum langsung berasa wangi-wangi asem gimana gtu airnya...begitu diliat dalam gallon ternyata ada tisu basah yang mengapung di atas permukaan. Suka bongkar muat tas gereja opung karna dalam tas itu ada target yang dicari yakni tissue basah, abang paling seneng sama yang namanya tissue basah.

Sudah mengenali dan menirukan suara beberapa macam binatang yang sering dilihat dan menjadi favoritnya. Sebenarnya ini sudah mulai dari sekitar 2 bulan yang lalu…jajah untuk gajah, go gok untuk anjing, mbee untuk suara kambing, emoooo untuk suara sapi, ching untuk kucing. Menirukan gerakan-gerakan dari lagu yang sering dinyanyikan di sekolah minggu, walopun lagunya blom bisa dinyanyiin dengan sempurna dan gerakanya masih sepotong-sepotong gtu. Salah satu favoritnya lagu setinggi – tingginya langit begitu di reff kasih Yesus…oh, langsung lompat denk abang mengikuti geraknya.

Punya kegemaran yang unik, yaitu melepas label sticker yang terpasang pada produk atau kemasan dan kalo lagi ngerjain bisa serius alias ga mao diganggu gugat. Terkadang melepas sticker dilakukan abang sambil nonton yang mana matanya di tv sementara tangannya sibuk melepas sticker. Sangking seriusnya dipanggil pun kadang ga nengok, diajak maen pun bisa di cuekin sama abang. hobi juga maen kuda-kudaan di punggung bapak atau mamanya kalo lagi tiduran sambil tengkurap gtu langsung disamperin abang naik ke punggung lompat-lompat sambil kuda-kudaan.

Please, Do not disturb me ! I’m Busy

Nafsu makan abang seminggu terakhir ini mulai menurun, tidak seperti biasanya. Bukan sama sekali ga mao makan sih tapi kalo dikasih makan kadang mulut terkunci rapat, perlu ngakalin dengan berbagai bujuk rayu supaya mau makan. Mama jadi penasaran apa memang ada masanya pada anak-anak akan muncul rasa kejenuhan dengan makanan?? apalagi sampai sekarang rasa makanannya abang masih hambar, sementara untuk cemilan snack bayi (bukan macem chiki, taro dkk) dan buah sudah beraneka ragam rasanya. Mungkin ini salah satu kemampuan indera perasa abang dalam mengenal rasa, tekstur dan warna makanan.

Sekarang ini abang lebih senang kalo makan sendiri, mangkok dan sendok dia yang megang…kalo dari beberapa sumber mengatakan bahwa anak yang mau mencoba makan sendiri sebenarnya sedang melatih kemampuan motorik halusnya. Kalo dilihat mulai cara pegang sendok, ambil makanan dalam mangkok, ngarahinnya sendok ke mulut semua gerak geriknya masih keliatan kaku…itu semuanya bagian dari proses lama – kelamaan pasti abang akan terbiasa. 
 
 Tidur gaya suka-sukaku, nangadong persoalan Bah !!!

Abang sekarang mulai ngasih tau kalo pipis atau pup tapi yaitu ngomongnya telat udah sudah selesai buang air, kalo lagi asik maen atau nonton bisa aja kebablasan lupa ngasih tau. 

Punya keberanian berada dalam ruangan gelap  atau lampunya ruangan mati, setidaknya kalo tiba-tiba lampu mati tidak ada jeritan tangis dan ketakutan dari abang. Kalo nonton tv dengan suasana gelap abang teutep enjoy nikmatin walopun sering mata bapak sama mama udah 5 watt, kalo kaga dipaksain masuk kamar tetep ngotot sendirian nonton film favoritnya Curious George. Yah..ga mungkin juga lha yah emak sama bapaknya tidur pules dalam kamar sementara anaknya nonton diluar sendirian, at the last pake cara yang lebih ampuh matikan tv-nya, walopun ada tangisan kecil ketidakpuasan dari abang tapi masuk kamar juga denk dan bobo.
 

Rasa percaya dirinya sudah muncul untuk memberi salam/jabat tangan, toss, melambaikan tangan bye..bye.. ke orang lain yang mungkin masih asing buatnya. Tapi kalo timingnya kurang tepat alias ga mood, yah udah dhe mao disuruh gimanapun ga bakal dilakuin sama anaknya.

Kalo dipikir-pikir anak sehat itu segalanya lha yah…kemaren dapat kabar anak tetangga yang umurnya lebih tua sebulan dari abang dirawat di RS karna demam. Memang sih belakangan ini kalo liatin, ngikutin apalagi kejar-kejaran sama abang lumayan nguras tenaga fisik lho makanya ga heran lagi nada suara dan teriakan negor  sudah level tenor ataw sopran…ga terhitung berapa kali dalam sehari pintu kulkas di buka tutup sama dia, kotak2 makan yang di bongkar pasang, jumlah panci piring sendok dan perkakas dapur lainnya yang berpindah dari dapur ke ruang depan, sutil yang di ketok-ketokin ke tembok berakhir dengan tembok rumah bebaret dan sutilnya ikutan patah, lampu yang di on off dari saklarnya, tv yang seharian nyala dengan film2 kartun kesukaannya, keran air yang tiba-tiba dinyalain sama abang, baru sebentar dirapihin ga berapa menit kemudian udah diberantakinya, berbagai pola tingkah keheboannya dalam rumah. Yah... emang kadang bikin cape dan kesel juga, tapi itu semua merupakan tanda kalo abang lagi sehat, aktif dan bersemangat. Kalo suasana dalam rumah sunyi sepi senyap, ga ada barang yang berantakan itu tandanya ada sesuatu dengan abang…tinggal milih yang mana nih??? Tentu saja melihat dan mendapati abang dalam keadaan yang sehat, happy dan bersemangat itu sungguh jauhhhh lebih penting daripada sekedar hanya memikirkan badan cape dan rumah berantakan. 

Selamat ulang bulan yang ke 21 abang…

Mahkota orang-orang tua adalah anak cucu
dan kehormatan anak-anak ialah nenek moyang mereka
[Amsal 17 : 6]
©02Nov2015

0 komentar:

Posting Komentar