Selasa, 12 Mei 2015

SAFARI WEEKEND…

Antara Bekasi ~ Bandung dan Bekasi ~ Cibubur  “macem trayek bus antar propinsi aja* hi..hi..hi…
Weekend kali ini yang jatuh di minggu ke 3 bulan April,  bisa dibilang lain dari pada yang lain. Sibuk !! ga juga sih, karna kalo sibuk kan ga perlu nunggu weekend, pastinya setiap hari, setiap jam ada aja yang disibukin yang ujung-ujungnya bisa bikin raga ini lelah. Jika hati riang gembira tentulah lelah ini bisa terkalahkan. Benar juga tuh ungkapan Raja Salomo dalam kitab Amsal “Hati yang gembira adalah obat yang manjur, tetapi semangat yang patah mengeringkan tulang”. Kegembiraan itu asal muasal sumbernya dari hati. 

Safari weekend berawal dengan Ber-hangout di Bandung. Niat hati sebenarnya blom terlalu kepingin ber-hangout jauh apalagi ampe nyasar di kota parijs van java walaupun tempatnya berhawa sejuk karna letaknya di dataran tinggi. Maklum jagoan kami masih terhitung batita kalo bepergian butuh persiapan ekstra dan ngebayangin bawaannya pasti seabrek-abrek kayak pindahan rumah. Selain itupun sekarang ini sih Beben kalo dalam mobil dah ga bisa duduk diam, selalu maksa mao kedepan samperin bapaknya gantian nyetir, bayangin aja kalo lagi di tol terus kayak gini apa ga berabe hi..hi...hi...

Di hari Sabtu itu bertepatan dengan wedding sepupu saya di Bandung. Acaranya so pasti full day mulai dari pemberkatan di Katedral Bandung ampe acara resepsi di hotel Holiday Inn.  Opa sama oma sudah duluan ada di sana sejak Kamis malam. Kondisi ini sempat membuat kami berdua agak pening antara pergi dengan membawa sih abang ato dia ditinggal bersama opung dan bou ndah di rumah. Kalo ditinggalpun kami tetap berangkatnya pagi dan selesai acara langsung pulang. Khawatir kalo dia dibawa  bisa kecapean, nanti bawaanya jadi rewel. Kami berduapun dijalan bisa lebih menikmati perjalanan dan acara wedding nanti tanpa kerusuhan kecil ulah sih abang he..he...he...Tapi kalo anaknya ditinggal ga enak rasanya... bener dhe, bukanya ga enak sama opung yang kebagian ngejagain ato bou ndah yang sudah jadwal libur mestinya tapi tetap bela - belain dateng ke rumah... lebih tepatnya ga enaknya sama diri sendiri lhooo... ya Iya lha giliran rame – rame ketemuan sama opa oma (adik dari opanya Beben), om tante nya yang mungkin situasi sperti ini kan jarang banget terjadi, eh... malah anaknya ditinggal. Dan pasti saat ketemuan di acara pada ditanyain ”sih ucok kmana?”. Dan bisa saja nanti fisik saya saja yang disitu tapi hati dan pikiran ada dirumah ingat sih abang melulu.

Finally, setelah digumuli bersama dengan melewati proses konsultasi yang cukup hangat wkwkwk kami sepakat membawa sih abang saat ke Bandung nanti. Bapak Beben berhasil ngelobi opung dan bou lala untuk ikutan ke Bandung, opung juga sekalian jalan-jalan karena udah lama pake banget ga ke sana. Terakhir kesana itu tahun jebot kalee soalnya waktu itu masih remaja belia hihihi. Kalo di mobil ramean fokus sih abang untuk ke depan gangguin bapaknya nyetir bisa beralih sejenak. Perjalananpun bisa lebih aman dan terkendali.

Karena nantinya pergi ber4 dengan bawaan yang jelas...jelas... buanyak maka timi statusnya dirumahkan sementara waktu dan sebagai gantinya kita pake grand livina aka mina (property bou mami) dan rencana start dari rumah  pukul 8.00 biar nanti nyampe sana ga buru-buru.

Saya sengaja mengambil cuti di hari Jumat biar ga terlalu cape dan bisa lebih prepare untuk barang bawaan nanti. Untuk beberapa kostum serta perlengkapan tambahan sih abang sudah disiapkan sama bou ndah, nanti mama Beben tinggal ngecek lagi masih kurang atau ada perlu ditukar dengan yang lain. Perlengkapan makan & minum abang hampir semuanya di angkut termasuk bahan makanan yang akan dimasak disana.


Setelah semuanya sudah benar-benar ready kami berangkat dari rumah pukul 09.00, melenceng dikit waktunya dari rencana semula. Dalam mobil anaknya lumayan tenang, sempat sekali dua kali ngambil ancang-ancang kedepan mao nyetir tapi langsung digagalkan rencananya sama mama dan opung hi...hi...kacian dhe abang. Sepanjang perjalanan diputarin film kartun elmo, tapi bentaran doank nontonnya selebihnya malahan elmo yang nonton aksinya Beben hehehe, emang sejauh ini  blom keliatan rasa interesnya untuk kartun-kartun gituan. 

Masih di seputaran tol cikampek sih abang mulai nunjukin tanda-tanda ngantuk dan akhirnya ga berapa lama kemudian dia sudah berada dalam dunia mimpinya alias tertidur pulas...kami tiba di Bandung sekitar pukul 12 dan langsung menuju ke rumah bapak tua Beben. Dari situ rencana sorenya kami berangkat bareng ke tempat Resepsi di Holiday Inn. Kehadiran Beben disambut dengan girang oleh cici karen dan cici kekei..langsung ditawari mainan dan scuter cici kekei. Tapi sih abang masih jual mahal karna blom akrab, dimengerti sih karna mereka ketemuannya jarang banget, palingan kalo ada acara2 besar keluarga saja.


Karna tibanya sudah di jam makan siang, kami langsung menyatap hidangan yang sudah disiapin di atas meja. Lunch sih abang saya masakin untuk sekali makan saja, buat malamnya akan saya masak lagi seblom berangkat.  
Sih pa tua Beben lagi ngikuti acara pemberkatan di Katedral bareng opa & oma, sedangkan mama tua-nya lagi dandan di salon...mereka kebagian job jadi usher di acara resepsi nanti malam.


Berangkat dari Kopo sekitar stenga 4 langsung menuju ke tempat resepsi. Kebetulan pa tuanya mendapatkan free kamar di the Luxton  hotel, dimana letaknya tepat bersebarangan dengan Holiday Inn. Sekalian saja biar ga ribet mama, bapak serta Beben berganti kostum pesta di Luxton.
Setelah semuanya berganti pakaian kami langsung turun ke tempat resepsi. oh.. yah..sih opung sama bou lala saat itu masih di hotel ga bisa ikutan soalnya dah punya agenda ngiderin kawasan wisata belanja dan kuliner malam yang cukup favorit di Dago...Happy shopping and dinner to both of you

Di tempat resepsi kami bertemu saling berpelukan, cipika cipiki sama keluarga yang dari Manado dan Jakarta sekitarnya yang terhitung sebagai adik, tante dan ponakan dari opa Beben... Jujur saja, situasi begini bikin tersentuh buat saya karna cukup langka lho untuk keluarga besar Mumuh bertemu sperti ini, bukannya karena ada saling pertentangan atau ketidakharmonisan melainkan lebih kepada kesibukan sendiri serta jarak tempat tinggal yang saling berjauhan. Hanya satu dua keluarga saja yang tinggalnya agak berdekatan, sehingga intensitas pertemuan mereka bisa lebih sering. Saat foto keluarga besar Mumuh bersama pasangan penganten baru keliatan ternyata keluarga Mumuh sudah beranak cucu dan smakin bertambah tambah banyak, panggung pun rasanya hampir ga cukup lagi  memuat kami hi..hi.. Semoga saja ada waktu, kesempatan terlebih pemikiran dan inisiatif dari mereka yang dituakan dalam keluarga untuk ngadain pertemuan rutin atau semacam arisan keluarga besar Mumuh dalam rangka mempererat ikatan tali persaudaraan serta sebagai tempat silahturami antar keluarga... I Hope





Setelah semua acara selesai dan keluarga pada pulang ke hotel, saatnya juga donk kami harus pulang ke Bekasi. Sempat berganti pakaian sambil pelan-pelan beresin barang bawaan biar ga ada yang ketinggalan di hotel sambil nungguin opung sama bou lala juga yang lagi berhangout di Dago. Setelah mereka balik dan semuanya pada beres barulha pamitan sama opa, oma, pa tua dan ma tua..ga ketinggalan juga pamit sama cici Karen dan cici Kekei. Opa sama pa tua nuntun kami dari hotel sampai ke pintu masuk tol Pasteur.  Till we meet again BanDung...

Nyampe bekasi sudah jam stenga 1 malam, masih sempat-sempatnya sih abang terbangun dan berganti pakaian setelah itu langsung tidur puless. Perjalanan yang panjang ditambah dengan ac mobil yang dingin membuat cacing di perut  beramai-ramai demonstrasi minta makan hi..hi.. kebetulan dari acara sempat dibagiin bungkusan  makanan, alhasil nyampe rumah langsung dilahap. Selesai makan langsung balik badan masuk kamar tidur masing-masing...Sweet dream every body

Keesokan harinya kami berencana gereja pagi tapi apalah daya bangunnya juga kesiangan…sudah gitu rencana mao ikut kebaktian yang jam 11 saja tapi tubuh ini masih terasa cape ditambah lagi barang bawaan ke Bandung blom semuanya diberesin  jadinya hari itu pun kami ga ke gereja dan  ga sekolah minggu untuk sih abang…kalo pergi2 sperti ini next time management waktu harus lebih baik yah bapak Beben biar kebutuhan rohani dan jasmani bisa berimbang.

Di hari Minggu siang masih ada jadwal arisan punguan Simanjuntak yang dilaksanakan di Cibubur di rumah opung Ebi. Arisan ini belum begitu lama mulainnya kurang lebih setahun dan biasanya dilakukan 2 bulan sekali, lebih fleksibel waktunya dalam artian pelaksanaannya boleh disesuaikan dengan event2 khusus dari peserta yang dikenai arisan. Yang penting disini bukan masalah jumlah uang yang nanti didapat atau jenis makan minuman yang terhidang, melainkan kongkow2nya sambil berhahaha hihihi yang bisa ngurangin stress dan tensi darah para opung wkwkwk

Rumah opung ebi kebetulan tersedia fasilitas swimming pool, sayang banget kan kalo disia-siain kesempatan gratisan ini wkwkwk, makanya seblom berangkat baju renang Beben sudah disiapin biar disana bisa swimming…swimming sepuasnya.
Saat kami tiba di Cibubur cuaca rada – rada mendung alamat ntar lagi diguyur hujan deras, sayang juga nih bisa…bisa jagoan kecil kami batal renang dhe kalo gini. Padahal kan ini first time dia beraksi di kolam berenang.

Ngeliat air kolam yang kesannya kebiru-biruan karna effect lantainya yang dari sononya mang dah warna biru, sih abang langsung nunjuk2 pake acara ngerengek penasaran pingin langsung maen di kolam...sabar dulu yah bang kan blom ganti kostum.





Ga takut, ga canggung, ga gemetar kedinginan padahal mulai rintik hujan, bahkan abang sangking betahnya nih sampe ga mao naek dari air lho... lagi norak-noraknya nih sih abang wkwkwk. Akhirnya tetap dipaksain naek lha buat bilas walopun anaknya keliatan keukeh ga mao... abisnya gimana donk ? masak berjam-jam di air ditambah lagi sudah mulai hujan.

Setelah dibilas dengan air hangat dan berganti pakaian langsung keliatan anaknya kelaperan gtu..ya iya lha dingin dingin gtu lhooo bawaannya pasti laper apalagi buat sih abang yang hobinya ngunyah2 aka makan hi..hi..hi... sehabis dikasih susu abang keliatan mulai ngantuk, makanya opung langsung turun tangan nina bobokin pake kain sakti. Sangking capenya berenang nih baru aja sekali dua kali di indung-indung opung langsung anaknya pulas.

Sih abang tidur sorenya ga begitu lama sejam kurang lha kalo dihitung-hitung, mungkin karna situasi yang berbeda karna saat dia terbangun masih di Cibubur. Gpp juga yang penting abang sudah rehat sesaat, supaya ntar tidurnya ga larut malam. Bapak sama Mama juga nanti malam bisa istirahat lebih awal juga.

Setelah bangun tidur abang langsung dibawa bapak masuk ke studio musik milik pa tua ebi, masih di lokasi yang sama tempatnya. Pa tua ebi ini termasuk typical orang  yang berjiwa seni. Salah satunya seni musik. Bayangin aja di rumah itu sampe ada 2 studio musik yang satunya gede sedangkan satunya agak kecil. Studio yang gede sering dipake buat ngumpul-ngumpul keluarga, alat musik yang tersedia dalam studio ini bisa dibilang complete, dari yang mulai dimainkan dengan cara ditiup, digesek, dipetik, ditekan dan dipukul tersedia semuanya. Bukan hanya seni musik saja tapi seni design interior, dia orang yang cukup expert lho. Ide – ide nya sangat kreatif mendaur ulang plastik, kertas, botol yang nantinya setelah selesai di daur dijadikan hiasan di rumahnya. Jiwanya jiwa seni, nalurinya naluri seni, seni termasuk bagian yang tidak terpisahkan dalam kehidupannya. Ga heran kalo dengan hobinya ini membuat dia memilih untuk berwiraswasta daripada terikat dengan dunia kerja kantoran segala.

Dalam ruangan studio ini abang langsung diajak bapak memainkan alat musik yang ada di dalam...mulai dari gitar yang berjejer sampai dengan drumband tidak ada yang terlewatkan untuk dimaenin sama dia hi..hi..hi... 11 12 dengan berenang, bermaen musik pun merupakan kali pertama buat dia makanya agak norak nih. Selama abang Beben happy, bapak & mama juga happy nak...



Berbeda dengan pa tua ebi yang berjiwa seni, bapak & mama Beben bisa dikata minus jiwa seninya..eit ada deng bapak seni tarik suara. Bapak pernah jadi member choir as a bass dalam beberapa paduan suara yang cukup eksis di Jabodetabek. Nah untuk Beben siapa tau aja yah abang ada talent di dunia seni, makanya dari kecil pelan-pelan digali bakatnya kalo dah ketemu bisa dikembangkan lagi.

Berhangout, Berenang, Bermusik...itulah cerita safari week end kali ini.  Semoga ada cerita weekend yang lebih panjang lagi yah ”colek bapak Beben minta jalan2 biar ada ceritanya lagi pak*

“No Love is greater than mom’s love... No Care is greater than dad’s care”

0 komentar:

Posting Komentar