Kamis, 21 Mei 2015

14~15th Month ABANG BENAYA

Sempat terlewatkan untuk menulis progress tumbuh kembang Benaya disaat ulang bulan yang ke 14. Lagi-lagi dengan alasan klasik karna kesibukan di dunia nyata, maka aktivitas dunia maya berhenti sejenak. Sesibuk-sibuknya tetap harus ambil waktu nulis donk Mama Beben!! makin rajin nulis kan makin banyak juga yang bisa di sharing ke Beben nantinya. Apalagi momen penting, sayang bingits kalo terlewat begitu aja tanpa diceritakan.

Tulisan kali ini sebagai rapelan yah dari progress tumbuh kembangnya pada 14~15 bulan *gaji kaleee pake rapel gtu*. Biar kata lambat asal selamat, biar telat asal sempat nulis hi..hi..hi..

Salah satu momen luar biasa yang tentu dinantikan setiap orang tua adalah saat melihat sang buah hati bisa berjalan. Momen seperti itu kami alami ketika Beben masuk ke usia 14 bulan. Senang banget ngeliat abang sudah bisa berjalan walopun masih tertatih-tatih,  pelan tapi pasti yah bang. Opung sama bou bunda sekarang sudah ga perlu keseringan gendong abang lagi, kecuali kalo mao nina boboin tidur tetap kadang perlu gendong indung-indung pake kain sakti.

Selain senang liat abang jalan, kadang juga mulai ngalamin yang namanya senam jantung. Bagaimana ga? Abang sudah mulai menjelajah sana sini, merapat ke tempat cuci piring, berusaha naek tangga sendirian, nyelonong masuk kamar mandi yang licin, samperin wadah penyimpanan beras sambil dihamburin berasnya ke lantai, mampir ke rak piring keluarin satu persatu perkakas yang tersimpan di dalam... alhasil sudah ada beberapa perkakas makan yang pecah belah dibantingnya, bola balik ke stop contact listrik dengan gayanya memasukan tangan ke lubang stop contact. Walaupun penjelajahannya sebatas ruang tamu, kamar dan dapur tapi langsung jalur tersebut disterilkan dari barang-barang yang mengundang bahaya buat abang hi..hi..hi..

Mulai keliatan kalo makan sih abang dah ga mao disuapin lagi, pinginnya makan sendiri. Beberapa kali sendok sama mangkok berusaha direbut dari tangan mama...tapi abang kadang tau juga kalo ngerebut biasanya detik-detik terakhir 1 ato 2 suapan lagi makanannya mao habis jadi usahanya ga sia-sia alias sendok bisa dipegangnya. Tapi pernah denk satu waktu abang mao rebut sendok makan dari tangan mama, karna makanannya masih lumayan banyak tetap donk mama menghindar ga ngasih sendoknya abisnya kalo dikasih pasti makanan akan berserakan dimana-mana pasti banyakan tumpahnya daripada masuk ke mulut abang. Melihat sendoknya ga dikasih, abang ga kehabisan akal lho, ketika disuapin sesendok makanan kedalam mulutnya yang terbuka lebar dan saat itupun sendok masih tertinggal dalam mulutnya langsung buru-buru dia menutup kunci rapat mulutnya biar sendok ga bisa dikeluarin lagi sama mama... akhirnya  abang berhasil dhe ngerebut sendoknya wkwkwkwk..

Salah satu keberhasilan Beben ngerebut sendok & mangkok makan dari mama 

Disaat tidur memiliki gaya andalan yang bisa bikin tidurnya puless ampe ngences, kata bapak Beben tidur dah ngeces gtu, tandanya abang dah gede bukan baby lagi hi..hi..hi.. ga kebayang kalo bapak ato mama tidurnya begitu dijamin saat bangun bisa encok, pegel linu, nyeri otot, tulang dan sendi lho bang....

Bah, tidurnya gaya apa ini bang Beben


Sedikit mengerti dan mengikuti perintah sederhana yang diberikan. Semisalnya disuruh ambil handuk mama...abang langsung jalan dengan bersemangat mendekati pintu sambil nunjuk jemuran handuk akhirnya dibantuin sama bapak ambil di jemuran kasih ke abang handuknya, abang yang ngasih ke mama. Mulai senang pegang pencil sambil tulis-menulis di papan kecilnya hasilnya segaris dua garis hasil coretan tangan abang hi..hi..

Reaksi dam Interaksi dengan orang dewasa sudah mulai terlihat dengan cara memanggil orang lain jika menginginkan sesuatu. Bapak dengan sebutan ”apua” saudara sepupunya dengan panggilan ”Bang”, untuk panggilan ke mama sudah cukup jelas ejaannya ”mama”. Menyebut opung dengan panggilan ”opu”, manggil bounya dengan sebutan ”bo”. Kalopun ada yanga memanggil dengan sebutan abang ke anaknya, langsung dianya menoleh.

Lagi senang-senangnya bermaen drum, akibat sekali waktu sempat ngedrum di rumah bapa tua ebi di Cibubur, effectnya keesokan harinya abang mulai mukul-mukul wadah beras opung sama meja kayu pake sendok makan sebagai sticknya. 

Porsi makan semakin banyak, apa aja doyan, kalo soal makan abang memang ga ada duanya lho...Puji Tuhan banget untuk masalah makan ini, karna bapak sama mama ga perlu mengeluarkan tenaga dan usaha exktra buat ngerayu abang makan. Malahan mama yang justru sedikit ngerem porsi makannya, abisnya kasihan kalo terlalu kekenyangan abang jadi ga nyaman buat beraktivitas. 

Sekarang abang sudah memiliki 8 gigi dengan formasi 4 gigi berjejer di rahang tengah atas dan 4 gigi di rahang tengah bawah. Akhir akhir ini aktivitas gigit menggigit abang ke orang mulai jarang mungkin karna daya jangkaunya di rumah semakin luas sehingga aktivitas ini sudah terlupakan...hi..hi...hi...syukurlah.

Abang Benaya...
Makin kesini abang makin gede, makin aktif, makin banyak mengerti, makin bisa mengekspresikan yang dirasakan serta makin...makin...banyak lagi kemampuan yang  bertambah seiring dengan bertambahnya usia abang. Tetap semangat yah bang,  jadi anak yang kuat, dengar-dengaran sama bapak & mama serta rajin ke sekolah minggu.

Foto Abang waktu 4.5 bulan, pake topi sukacita yang dibagiin di sekolah minggu

”Giving your son a skill is better than
Giving him one thousand pieces of gold “

0 komentar:

Posting Komentar